Nia Kurnia Fauzi Kukuhkan Bunda PAUD se-Kecamatan Kota Sumenep, Ini Pesannya -->

Nia Kurnia Fauzi Kukuhkan Bunda PAUD se-Kecamatan Kota Sumenep, Ini Pesannya

Rabu, 09 Maret 2022, 1:57 PM
loading...
Pengukuhan Bunda PAUD se-Kecamatan Kota Sumenep
Bunda PAUD Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi menyerahkan SK Pengukuhan Bunda PAUD di Kecamatan Kota Sumenep, Rabu (9/3/2022). (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bunda PAUD Kabupaten Sumenep Nia Kurnia Fauzi mengukuhkan Bunda PAUD se-Kecamatan Kota Sumenep, Rabu, 9 Maret 2022 pagi.


Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan/Desa se-Kecamatan Kota Sumenep itu berlangsung di pendopo kecamatan setempat.


Mengawali sambutan, Bunda PAUD Sumenep Nia Kurnia Fauzi mengucapkan selamat dan sukses kepada Bunda PAUD se-Kecamatan Kota Sumenep yang baru dilantik.


"Semoga dapat mengemban amanah menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat membawa kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sumenep," kata Nia Kurnia Fauzi.


Istri Bupati Sumenep itu menegaskan perlunya komitmen bersama dalam penguatan struktur dan paradigma para Bunda PAUD tentang betapa pentingnya penyiapan pendidikan anak usia dini.


Sebab, perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini memerlukan kematangan kognitif di setiap tingkat pertumbuhan anak dalam merespon lalu lintas informasi.


"Secara motorik lalu lintas informasi itu akan menciptakan replika perilaku yang belum tentu relevan dengan sistem sosial dan sistem kebudayaan kita," ungkap Nia Kurnia.


Mengingat PAUD adalah fase persiapan untuk memasuki jenjang pendidikan, maka di fase ini para Bunda PAUD harus mematangkan persiapan, khususnya pada sisi kognitif anak.


"Dalam fase tersebut harus ada kesungguhan dan kecakapan dari Bunda PAUD, tentunya harus ada senergi dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten," ujar Nia Kurnia.


Pihaknya berharap para Bunda PAUD yang sudah dilantik agar selalu memberikan motivasi kepada masyarakat dan pemangku kepentingan tingkat desa maupun kecamatan tentang pentingnya anak usia dini untuk mewujudkan PAUD berkualitas dengan layanan PAUD integratif.


"Kesungguhan kita hari ini menanamkan nilai sangat penting di masa depan dengan turut menyiapkan generasi unggul agar tidak ketinggalan informasi dan siap menghadapi perkembangan global," tegas Nia Kurnia Fauzi.


Anggota Komisi IV DPRD Sumenep itu juga berpesan agar Bunda PAUD memperhatikan anak-anak yang usianya memasuki PAUD, namun belum masuk karena alasan finansial.


"Tolong itu perhatikan, itu tugas kita sebagai Bunda PAUD. Walaupun anak itu bukan terlahir dari rahim kita, walaupun bukan anak secara biologis, tetapi anak-anak itu anak kita secara lingkungan," pesan Nia Kurnia Fauzi.


Srikandi PDI Perjuangan itu menyatakan, para Bunda PAUD yang dilatiknya ditakdirkan oleh Allah SWT untuk menjadi orang tua di desa maupun kecamatan. Sebab, banyak perempuan tidak seberuntung para Bunda PAUD mendapat amanah tersebut.


"Banyak yang menginginkan posisi ibu-ibu, akan tetapi kalian yang terpilih. Saya yakin sekali lagi kalian bisa membuat generasi emas di masa datang," tandas Bunda Nia.


Turut hadir dalam Pengukuhan dan Penguatan Pokja Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan/Desa tersebut, Camat Kota Sumenep Faruk Hanafi, Ketua Bunda PAUD Kecamatan Kota dan Pengurus Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sumenep. (*/As/Rfq)

TerPopuler