Jelang Ramadan, BIN dan Dinkes P2KB Sumenep Gencarkan Vaksinasi -->

Jelang Ramadan, BIN dan Dinkes P2KB Sumenep Gencarkan Vaksinasi

Rabu, 30 Maret 2022, 5:22 PM
loading...
Jelang Ramadan, BIN dan Dinkes P2KB Sumenep Gencarkan Vaksinasi
Kegiatan vaksinasi Covid-19 kerja sama BIN dan Dinkes P2KB Sumenep di SDI Mabdaul Falah Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Rabu (30/3/2022). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep terus gencarkan vaksinasi sebagai ikhtiar agar tidak terpapar Covid-19.


Upaya tersebut dilakukan kedua instansi melalui petugas vaksinasi Puskesmas Pragaan, Sumenep bersama anggota Medical Intelligence Badan Intelijen Negara.


Mereka memberikan suntikan vaksinasi kepada puluhan santri di SDI Mabdaul Falah Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Rabu, 30 Maret 2022.


Kepala SDI Mabdaul Falah Desa Kaduara Timur, Ustadz M Suharyanto mengatakan, pemberian vaksinasi tersebut merupakan dosis kedua setelah 48 santri mendapatkan dosis pertama pada 25 Februari 2022 lalu.


Berbeda dengan sebelumnya, vaksinasi hari ini diikuti sebanyak 62 santri dan pembimbing. Tidak hanya dosis 2, sebagian baru menerima vaksinasi dosis 1, bahkan ada yang booster.


"Alhamdulillah, pada 25 Februari 2022 yang lalu sebanyak 48 anak didik kami telah menerima vaksinasi dosis pertama. Dan pada hari ini, anak-anak kembali menerima vaksinasi dosis kedua. Ada juga yang baru menerima dosis 1," kata Ustad M Suharyanto.


Selain untuk SDI Mabdaul Falah, kegiatan vaksinasi tersebut juga dapat diikuti oleh lembaga pendidikan yang lain di wilayah Kecamatan Pragaan agar proses kegiatan belajar mengajar dapat kembali normal.


"Ini upaya pemerintah mencerdaskan bangsa melalui pendidikan juga dapat segera terwujud. Kami berharap dengan vaksinasi kedua ini para santri dapat terhindar dari Covid-19," ujar Ustad M Suharyanto.


Kepala Puskesmas Pragaan, H. Abdul Azis menyampaikan, kegiatan vaksinasi di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur merupakan bagian dari serangkaian kegiatan vaksinasi Puskesmas Pragaan yang bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara.


"Kerjasama ini telah berhasil memberikan vaksin kepada ribuan orang di wilayah Puskesmas Pragaan, baik vaksin dosis 1, 2 dan booster," kata Abdul Azis.


Sementara petugas Medical Intelligence Badan Intelijen Negara, Anton menyampaikan, pemberian vaksinasi akan terus dilakukan sampai tercipta herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat Sumenep.


"Paling sedikit sebanyak 80 persen penduduk di Sumenep sudah menerima vaksin primer dan booster," kata Anton.


Sebagai gambaran, per tanggal 29 Maret 2022, Dinkes P2KB Sumenep melalui pelayanan faskes-nya telah menyuntikkan vaksin Covid-19 pertama sebanyak 738.856 dosis, vaksin dosis kedua 573.929 dosis dan vaksin ketiga mencapai 34.102 dosis.


Sementara untuk pemberian vaksin booster, selaras dengan pernyataan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, menjadi syarat untuk mudik pada musim libur Lebaran 2022.


"Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat, kalau nanti orang mau mudik," kata Wapres Ma’ruf Amin di Bandung, Selasa, 22 Maret 2022 lalu.


Menurut Kiai Ma’ruf, selain dua kali vaksinasi lengkap, masyarakat juga diminta untuk segera melakukan vaksinasi booster.


"Dengan demikian tidak perlu lagi ada semacam di-PCR atau antigen. Ini kalau tidak terjadi lonjakan-lonjakan, kalau suasana terus landai yang sekarang," pungkasnya. (Rfq)

TerPopuler