Unik, Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Dasuk Sumenep Dikemas ala Ulang Tahun -->

Unik, Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Dasuk Sumenep Dikemas ala Ulang Tahun

Selasa, 08 Februari 2022, 6:51 PM
loading...
Vaksinasi Anak di Dasuk
Bupati Sumenep Achmad Fauzi menghadiri Gebyar Vaksinasi Anak Usia 6-11 tahun di Balai Desa Kerta Timur, Kecamatan Dasuk, Selasa (8/2/2022). (Foto RY/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Konsep Gebyar vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Dasuk, Kebupaten Sumenep, Selasa, 8 Februari 2022 sangat unik.


Gebyar vaksinasi yang berlangsung di Balai Desa Kerta Timur itu dikemas penyelenggara ala perayaan ulang tahun.


Kepala Puskemas Dasuk Novia Sri Wahyuni menjelaskan, gebyar vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut diikuti sebanyak 100 siswa sekolah dasar yang memperoleh izin dari orang tua masing-masing.


“Pesertanya dari empat sekolah dasar, dari SDN Semaan, SDN Bates, SDN Kerta Barat, dan SDN Kerta Timur,” kata dokter Novi, Selasa, 8 Februari 2022.


Dokter Novi sangat optimis Kecamatan Dasuk mampu menyukseskan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Sebab pada vaksinasi umum berhasil mencapai 85 persen atau tertinggi se-Kabupaten Sumenep.


“Kami akan terus memaksimalkan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun ini ke sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang belum divaksin,” komitmen Novi.


Pantauan di lokasi, tempat gebyar vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Balai Desa Kerta Barat itu didekorasi ala perayaan ulang tahun. Peserta yang hadir, tak terkecuali Bupati Achmad Fauzi beserta rombongan mengenakan atribut berupa topi pesta ultah.


Siswa-siswi yang mengikuti gebyar vaksinasi juga terlihat riang. Mereka bermain balon warna warni sambil menunggu giliran masing-masing untuk divaksin.


“Saya baru kali ini mengenakan topi ulang tahun, ini demi anak-anak tercinta kita,” ujar Bupati Achmad Fauzi.


Usai menjalani vaksin, satu persatu siswa-siswi diberi bingkisan. Mereka juga mendapatkan uang penghargaan dari Bupati Sumenep Achmad Fauzi.


“Penyelenggara hingga vaksinator-nya mengenakan atribut Ultah, ini menarik. Dengan begini, anak-anak tidak akan takut. Semua yang vaksin saya kasih Rp 50 ribu-an,” ujar Bupati, disambut riuh tepuk tangan seluruh yang hadir. “Terima kasih bapak Bupati,” ucap seluruh siswa-siswi.


Bupati Achmad Fauzi meminta, agar pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dikemas sedemikian rupa. Hal itu supaya mereka tidak takut untuk divaksin.


“Silakan empat pilar ini (Pemerintah Kecamatan, Puskesmas, Polsek, Koramil) berkreasi, anak-anak jangan sampai takut. Di wilayah Dasuk ini merupakan yang perdana. Alhamdulillah meriah,” saran Bupati.


Selama ini, Pemkab Sumenep fokus mengejar target vaksinasi pada lansia dan umum untuk percepatan di atas 70 persen. Dengan vaksinasi anak, Bupati Achmad Fauzi optimis untuk mencapai 100 persen.


“Vaksinasi umum tahap 1 sudah di atas 75 persen, artinya tinggal mendorong yang anak-anak,” pungkas Bupati.


Hadir dalam gebyar vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sumenep Agus Mulyono, Kepala Dinas Pendidikan Sumenep Agus Dwi Saputra, dan empat pilar di Kecamatan Dasuk. (RY/Rfq)

TerPopuler