Ratusan Siswa SD di Gapura Sumenep Ikuti Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun -->

Ratusan Siswa SD di Gapura Sumenep Ikuti Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Selasa, 15 Februari 2022, 2:19 PM
loading...
Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun
Camat Gapura Mohammad Sahlan bersama Kepala Dinkes, Kependudukan dan KB Sumenep Agus Mulyono, Asisten Pemerintahan dan Kesra Didik Wahyudi, dan Kapolsek Gapura mengapresiasi salah satu siswa SD yang ikut vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Selasa (15/2/2022). (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Ratusan siswa SD (Sekolah Dasar) di Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, ikuti vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Selasa, 15 Februari 2022.


Vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut dilaksanakan secara massal di pendopo Kantor Kecamatan Gapura.


Camat Gapura, Mohammad Sahlan mengatakan, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun itu merupakan tahap pertama. Pesertanya sebanyak 174 siswa dari 12 SD yang berada di Kecamatan Gapura.


"Ini masih tahap pertama, habis ini nanti ada tahap kedua," kata Mohammad Sahlan, Selasa, 15 Februari 2022.


Saat ini, sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gapura masih siswa SD (Sekolah Dasar). Berikutnya vaksinasi akan menyasar siswa MI (Madrasah Ibtidaiyah).


"Vaksinasi kali ini terlaksana berkat kerja sama dengan kepala sekolah. Kita juga bersinergi dengan Dinas Pendidikan. Nanti yang MI kita kerja sama dengan Kemenag," tutur Mohammad Sahlan.


Mantan Kabag ESDA Setda Kabupaten Sumenep itu mengungkapkan, target vaksinasi anak adalah seluruh siswa usia 6-11 tahun di Gapura. Adapun tujuan vaksinasi yaitu dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.


"Vaksinasi ini untuk perlindungam sosial dan kesehatan," jelas Camat Sahlan.


Dia bersyukur jumlah peserta vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gapura lebih dari 100 siswa. Meskipun memang belum diikuti semua siswa SD yang dijadwalkan vaksin.


Kepala Puskesmas Gapura, dr. Suci Hernawati menjelaskan, berdasarkan data yang pihaknya terima, siswa siap divaksin dan mendapatkan izin orang tua sebanyak 192. Namun dari jumlah itu, siswa yang divaksin hanya 174.


"Sebgaian ada yang tidak hadir karena sakit atau tadi diperiksa ada kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan," kata dr. Suci, Selasa, 15 Februari 2022.


Selain itu, sekolah yang siap berpartisipasi dalam vaksinasi anak usia 6-11 tahun awalnya 21 SD. Namun, yang hadir ada 12 sekolah.


"Kita di Gapura ada 34 SD, dan ada beberapa yang belum berpartisipasi. Tapi saya rasa ini langkah awal yang cukup baik. Antusiasme dari pihak sekolah, guru, wali murid termasuk siswanya sangat bagus," tutur dr. Suci.


Lebih lanjut, dia mengungkapkan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu masih tahap pertama, sehingga dilaksanakan secara massal.


Selanjutnya vaksinasi akan dilakukan di masing-masing lembaga atau guru bisa mengantar siswanya untuk vaksin secara langsung ke Puskesmas.


"Ini sebenarnya langkah awal. Ke depan kami harap prosesnya bisa lebih mudah, sehingga bisa dipercepat vaksinasi anak usia 6-11. Karena kami masih punya sasaran siswa 6-11 tahun kurang lebih 2.700 di wilayah Kecamatan Gapura," terang dr. Suci.


Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gapura itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan KB Sumenep Agus Mulyono, Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat Didik Wahyudi.


Empat Pilar Kecamatan Gapura, para nakes, serta guru dan orang tua yang mengantar siswa untuk divaksin. (*/As/Rfq)

TerPopuler