Bupati Achmad Fauzi Cek Penerapan Aplikasi HomPIMPA di Puskesmas Bluto -->

Bupati Achmad Fauzi Cek Penerapan Aplikasi HomPIMPA di Puskesmas Bluto

Senin, 21 Februari 2022, 1:31 PM
loading...
Aplikasi HomPIMPA
Petugas kesehatan Puskesmas Bluto melayani Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat mengecek penerapan aplikasi HomPIMPA dengan menjadi pasien. (Foto Asnodi/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengecek penerapan aplikasi HomPIMPA di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Senin, 21 Februari 2022.


Bupati Sumenep sengaja turun langsung ke Puskesms untuk memastikan penerapan aplikasi yang merupakan singkatan dari Health Indicator Modules with Appropriate Integrated Methods for Proper Access of Health Information itu berjalan maksimal.


Kali ini, Bupati Achmad Fauzi meninjau penerapan aplikasi HomPIMPA di Puskesmas Bluto. Selama peninjauan, suami Nia Kurnia itu didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Bluto.


Unltuk memastikan implementasinya berjalan dengan baik, Bupati memposisikan diri layaknya pasien yang mau berobat. Tak ada satupun alur yang dilewatkan orang nomor satu di Kabupaten Sumenep itu.


Setiba di Puskesmas Bluto, Bupati Achmad langsung menuju loket pendaftaran. Kemudian Bupati Achmad Fauzi menuju ruang laboratorium. Dari ruang lab, barulah dilanjutkan menuju Balai Pengobatan (BP).


"Kita ingin memastikan aplikasi HomPIMA ini telah berjalan. Intinya saya ingin tahu, ketika saat saya berkunjung ke Puskemas, medical record kedatangan dan keluhannya bisa terbaca," kata Bupati usai melakukan peninjauan, Senin, 21 Februari 2022.


Dia menjelaskan, HomPIMPA adalah Metode Indikator Kesehatan dengan Metode Terintegrasi Tepat Guna untuk Akses Memadai Informasi Kesehatan.


Melalui aplikasi HomPIMPA tersebut, data kesehatan masyarakat Sumenep akan terpusat menjadi satu, sehingga memudahkan petugas medis dalam penanganan kesehatan.


"Setelah saya menginput data tadi sudah kelihatan bahwa sebelum ke Puskesmas Bluto sudah pernah ke Puskesmas Pandian. Cuma yang boleh membuka data itu adalah petugas khusus," ujar Bupati Achmad Fauzi.


Saat ini seluruh Puskesmas baik daratan maupun kepulauan Sumenep sudah memanfaatkan aplikasi HomPIMPA. Penggunaan aplikasi tersebut tak lain untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat.


"Terobosan bidang kesehatan ini merupakan perwujudan pengembangan Health Center Information System (HCIS) dalam Smart Regency yang dilaunching pada 17 Agustus 2021 lalu," terang Bupati Achmad Fauzi.


Tak sekadar pengembangan, Aplikasi HomPIMPA juga telah memiliki payung hukum. Ada Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep tentang Satu Data Kesehatan Kabupaten Sumenep yang dikeluarkan sejak tanggal 1 November 2021 lalu.


Sementara sebagai sebuah inovasi, aplikasi HomPIMPA menyediakan data dan Informasi terintegrasi sarana pelayanan kesehatan yang disajikan terperinci menurut indikator terpilih. Hal itu, kata Bupati memberi ruang bagi seluruh pemangku kepentingan memperoleh gambaran informatif, berinteraksi, memantau dan menganalisa perkembangan pelayanan, bahkan capaian kesehatan terkini.


"Dari aplikasi ini semuanya terhubung, baik di kepulauan sekalipun. Misal saya besok di Puskesmas Arjasa tetap terkoneksi. Aplikasi ini juga tersambung ke Call Center 112, dan saya bisa memonitor serta mendengar semua percakapan," pungkasnya. (As/Rfq)

TerPopuler