Wow, Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Sumenep Tahun 2021 Sangat Tinggi -->

Wow, Indeks Kesalehan Sosial Masyarakat Sumenep Tahun 2021 Sangat Tinggi

Rabu, 22 Desember 2021, 4:17 PM
loading...
Indeks Kesalehan Sosial
Helmi, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sumenep. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Indeks Kesalehan Sosial masyarakat Sumenep pada tahun 2021 termasuk kategori sangat tinggi, yakni mencapai skor 80,46 %.


Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sumenep, Helmi mengungkapkan, skor tersebut diketahui dari hasil penelitian Kesalehan Sosial masyarakat Sumenep yang dilakukan oleh IAIN Madura.


Berdasarkan penelitian itu, diketahui skor Indeks Kesalehan Sosial masyarakat Sumenep yang mencapai 80,46 % merupakan akumulasi dari dimensi stabilitas, solidaritas sosial dan gotong royong. Secara lebih rinci, skor dimensi stabilitas sosial sebesar 83,6 %.


"Hal tersebut mengindikasikan bahwa stabilitas sosial masyarakat Sumenep termasuk sangat baik, sehingga diharapkan memberikan dampak yang kondusif pada wilayah Kabupaten Sumenep," kata Helmi, Rabu (22/12/2021).


Beberapa indikator pada dimensi stabilitas sosial antara lain dalam berinteraksi atau berhubungan dengan kelompok warga selalu mengutamakan moral dalam bergaul, dan akan tetap memilih berteman atau berinteraksi dengan kelompok masyarakat yang melanggar aturan.


Selain itu juga selalu menjunjung tinggi kepercayaan yang dianut bersama dalam berinteraksi dengan individu atau kelompok masyarakat, dan merasa enak berinteraksi jika mempunyai tujuan yang sama.


Sedangkan pada dimensi solidaritas sosial lebih rendah dari nilai stabilitas sosial yakni sebesar 70,13%, namun masih masuk kategori baik. Kemudian pada dimensi gotong royong mempunyai skor 86,27% atau termasuk kategori sangat baik.


"Indeks Kesalahan Sosial merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Sumenep tahun 2021-2026 sebagai turunan dari Misi Ke-4 Bupati dan Wakil Bupati Sumenep yakni Melaksanakan Pembangunan Berazas Gotong Royong dan Berkearifan Lokal,” jelas Helmi.


Tujuan misi ke-4 Bupati dan Wabup Sumenep adalah mewujudkan harmonisasi sosial yang berkearifan lokal dengan sasaran meningkatnya ketentraman dan ketertiban masyarakat, meningkatnya solidaritas sosial dan terwujudnya nilai-nilai gotong royong dan toleransi dalam kehidupan masyarakat.


Hasil penelitian IAIN Madura bahwa Indeks Kesalehan Sosial masyarakat mencapai skor 80,46 % jelas menunjukkan bahwa Kabupaten Sumenep sangat aman, ramah, dan memiliki gotong royong masih tinggi.


“Hal itu tentu sangat berbanding lurus dengan kondisi sosial, budaya, dan sejarah Kabupaten Sumenep. Sebuah apresiasi yang sangat bagus di tengah derasnya arus modernisasi dan globalsiasi saat ini,” ujar Helmi.


Menurut Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sumenep itu, penelitian Kesalehan Sosial sangat penting untuk menggambarkan dan menganalisis bagaimana nilai stabilitas, nilai solidaritas sosial, dan nilai-nilai gotong-royong serta pengamplikasinnya dalam kehidupan masyarakat di Sumenep.


Selain itu, bagaimana pola kausalitas antara pengetahuan, ibadah ritual dengan kesalehan sosial, serta untuk mengetahui seberapa tinggi nilai Indeks Kesalehan Sosial pada masyarakat Sumenep.


“Oleh karena itu, kondisi demikian harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, mengingat kesalehan sosial menjadi modal sangat penting dalam perjalanan pembangunan Kabupaten Sumenep di masa mendatang,” pungkas Helmi. (RK/Fiq)

TerPopuler