Unik, Pelantikan Pejabat di Pamekasan Digelar di Makam -->

Unik, Pelantikan Pejabat di Pamekasan Digelar di Makam

Jumat, 24 Desember 2021, 9:19 PM
loading...
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Pamekasan
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 7 pimpinan tinggi pratama Pemkab Pamekasan di halaman Makam Ronggosukowati, Jumat (24/12/2021) siang. (Instagram @rabaddruttamam)


PAMEKASAN, E-KABARI.com - Pelantikan pejabat di Kabupaten Pamekasan, Jumat (24/12/2021) terbilang unik. Sebab, pelantikan tersebut digelar di makam, di tengah terik matahari siang.


Adalah Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam yang punya ide unik tersebut. Dia melantik dan mengambil sumpah 7 pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan di halaman makam Raja Ronggosukowati, Kolpajung.


Ketujuh pejabat yang dilantik Bupati Baddrut Tamam, masing-masing Drs. Saudi Rahman, M.Si dengan jabatan baru Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Sigit Priyono, AP, M.Si sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan Drs. Fathorrachman, M.Si sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.


Kemudian, Supriyanto, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Akhmad Basri Yulianto, SH, M.Si Kepala Dinas Perhubungan, Muttaqin, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan dr. Saifuddin, M.Si sebagai Penjabat (Pj) Kepala Dinas Kesehatan.


Bupati Baddrut Tamam menyebut pelantikan bertempat di makam merupakan yang pertama di Pamekasan. Baddrut memilih halaman makam Ronggosukowati itu sebagai penyemangat untuk meningkatkan pengabdian para pejabat yang dilantik kepada bangsa dan negara, serta pengingat bahwa manusia akan mengalami kematian.


"Tempat ini dipilih agar pejabat yang baru dilantik bisa meniru jejak perjuangan pendiri dan pendahulu Kabupaten Pamekasan," kata Baddrut, Jumat (24/12/2021).


Bupati menilai pejabat negara sama dengan bekerja di badan usaha milik negara (BUMN) atau perusahaan non government. Bedanya sebatas pengambilan sumpah yang mengatasnamakan bangsa dan negara, sehingga sumpah yang telah diucapkan harus sesuai dengan pengabdiannya kepada negara.


"Jangan main-main, mengabdi kepada bangsa dan negara tidak bisa main-main. Karena di situ ada nasib rakyat yang harus diperjuangkan. Kita perlu keseriusan yang sungguh-sungguh biar kerja pemerintahan bertuah," pesan Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu kepada pejabat yang dilantik.


Pihaknya berharap, 7 pejabat yang dilantik mampu meningkatkan kinerja di instansi masing-masing sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah dengan kerja yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


"Bisa saja, teman-teman yang dilantik ini telah melebihi ekspektasinya. Sebelumnya cukup menjadi ASN, sekarang sudah menjadi pejabat, sudah menjadi eselon II dan fasilitasnya semakin lengkap. Karena fasilitasnya semakin lengkap, maka kerjanya juga harus semakin lengkap," tegasnya.


Usai pelantikan, para pejabat dipimpin Bupati Pamekasan berziarah ke makam Pangeran Ronggosukowati sebelum akhirnya meninggalkan lokasi pelantikan. (Ig/RK/Fiq)

TerPopuler