MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur Bagikan Raport Semester Ganjil, Gunakan Aplikasi RDM -->

MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur Bagikan Raport Semester Ganjil, Gunakan Aplikasi RDM

Minggu, 19 Desember 2021, 12:48 PM
loading...
MI Nasy'atul Muta'allimin
Silaturahmi Wali Murid dan Pembagian Raport Semester Ganjil MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur Tahun Pelajaran 2021/2022, Ahad (19/12/2021) pagi. (Foto RK/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep membagikan raport semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.


Kegiatan tersebut dikemas dengan Silaturahmi Wali Murid di Aula MA Nasy'atul Muta'allimin, Ahad (19/12/2021) pagi.


Kepala MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur, Zarnoji menyampaikan, sistem pelaporan hasil belajar siswa dalam raport tahun pelajaran 2021/2022 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.


"Raport kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, menggunakan aplikasi RDM (Raport Digital Madrasah)," kata Zarnoji dalam sambutannya, Ahad (19/12/2021).


MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur baru menerapkan aplikasi RDM dalam pelaporan hasil belajar siswa. Akibatnya, membutuhkan waktu yang lama karena agak rumit.


"Kami baru menerapkan aplikasi RDM ini meskipun agak rumit, karena perintah dari Kemenag," ungkap Zarnoji.


Mengutip situs kemenag.go.id, RDM merupakan penyempurnaan dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang digunakan sebelumnya. Aplikasi tersebut diluncurkan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI pada bulan Agustus 2021 lalu.


"Penyempurnaan ini sebagai terobosan dalam mengoptimalkan layanan pembelajaran di madrasah," kata Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Jumat (20/8/2021) seperti dilansir kemenag.go.id.


Menurut Zarnoji, laporan hasil belajar yang menggunakan aplikasi RDM itu terdiri dari 5 lembar per siswa. Selain nilai, ada deskripsi hasil belajar selama satu semester.


"Laporan ini merupakan hasil belajar putra putri bapak dan ibu di MI Nasy'atul Muta'allimin. Silakan dilihat, nanti ada kolom tanda tangan, kami mohon untuk ditandatangani," ujar Zarnoji.


Meski raport tersebut menggunakan aplikasi RDM, Kepala MI Nasy'atul Muta'allimin itu menyampaikan, yang menilai tetap para guru.


Kendati belum 100 persen benar penilaiannya, Zarnoji menegaskan itu merupakan hasil ijtihad dengan harapan hasilnya maksimal.


"Jika ada kekeliruan dan semacamnya, mohon dikoreksi. Sebagian deksripsi di raport itu kami bikin sendiri, karena beberapa materi berbasis pesantren. Tidak semua mengikuti aplikasi," jelas Zarnoji.


Tak lupa, Kepala MI Nasy'atul Muta'allimin dua periode itu menyampaikan terima kasih atas kehadiran para wali murid dalam forum silaturahmi dan pembagian raport semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.


Zarnoji juga memohon doa supaya MI Nasy'atul Muta'allimin lebih baik, semua dewan guru sehat dan tetap rajin.


"Kami hanya meneruskan perjuangan guru kami, KH Zubairi Marzuqi selaku perintis. Semoga bisa menjalankan amanah yang berat ini, karena menjadi kepala madrasah sejak tahun 2013 hanya bentuk ketaatan terhadap pakon kiai sebagai alumni. Mohon maaf jika banyak kekeliruan," pungkasnya.


Silaturahmi Wali Murid dan Pembagian Raport Semester Ganjil MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur Tahun Pelajaran 2021/2022 tersebut dihadiri pengasuh, K A. Munif Zubairi dan para dewan guru MI.


Acara dimulai dengan istighatsah dipimpin Ustadz Haryono, dilanjutkan dengan pembacaan shalawat Nabi oleh Ustadz Mursyidi dan Jami'atul Hadrah MI Nasy'atul Muta'allimin Gapura Timur.


Sebelum pembagian raport oleh wali kelas di akhir acara, ada penyerahan hadiah peringkat kelas dan Lomba Juz 30. (RK/Fiq)

TerPopuler