Raih APE tingkat Madya, Pemkab Sumenep Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender -->

Raih APE tingkat Madya, Pemkab Sumenep Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender

Kamis, 14 Oktober 2021, 8:05 PM
loading...
Anugerah Parahita Ekapraya
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH memegang Piala dan Piagam Penghargaan APE 2021 tingkat Madya. (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pasca meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Sumenep makin semangat melaksanakan program-program pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, penghargaan APE mendorong Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan guna mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Sumenep.


“Yang jelas, prestasi ini harus meningkatkan komitmen seluruh elemen di daerah untuk mengembangkan pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak,” kata Bupati Achmad Fauzi, Kamis (14/10/2021) siang.


Menurut Fauzi, penghargaan APE tingkat Madya harus dipertahankan sekaligus mendorong Pemkab Sumenep dan masyarakat untuk muwujudkan keterlibatan perempuan dalam mendukung pembangunan daerah dengan berbagai potensinya.


“Tentu saja, Pemerintah Kabupaten Sumenep setelah mendapatkan penghargaan APE, terus berupaya mewujudkan kesetaraan gender melalui pengarusutamaan gender (PUG) agar berkiprah dalam pembangunan,” tutur Bupati.


Baca Juga: Bupati Achmad Fauzi Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya


Orang nomor satu di Sumenep itu mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender.


“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa meraih Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2020 katagori Madya, bahkan juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak peringkat Pratama tahun 2021,” tandasnya.


Sementara Pelaksana Tugas (PIt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A dan KB) Sumenep, Kadarisman mengatakan, pemberian penghargaan APE tahun 2020 terdiri dari 4 tingkatan.


Yang pertama adalah Pratama, kedua Madya, ketiga Utama dan keempat tingkat Mentor.


"Untuk Kabupaten Sumenep tahun 2020 memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya, naik satu tingkat dari sebelumnya," ujar Kadarisman. (*/Fiq)

TerPopuler