Bupati Achmad Fauzi Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya -->


Bupati Achmad Fauzi Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya

Rabu, 13 Oktober 2021, 8:45 PM
loading...
APE Tahun 2020
Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, SH, MH, M.Pd.I bersama Plt Kepala DP3A dan KB, Drs. Kadarisman, M.Si saat menerima penghargaan APE tahun 2020 untuk Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rabu (13/10/2021). (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Gusti Ayu Bintang Darmawati.


Penghargaan APE untuk tingkat Madya ini dilaksanakan secara virtual oleh pimpinan DPR RI Komisi VIII, para Menteri Pemangku Urusan Pemberdayaan Perempuan di ASEAN, Duta Besar (Dubes) negara-negara ASEAN, Gubernur, Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia dan pimpinan organisasi perempuan.


Acara penganugerahan APE tahun 2020 secara virtual dihadiri Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah dan pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bertempat di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati Sumenep, Rabu (13/10/2021).


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bintang Darmawati menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah memperoleh penghargaan APE tahun 2020.


Dia meminta para instansi yang mendapat penghargaan tersebut untuk terus berkiprah dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui pengarusutamaan gender (PUG) dalam setiap program dan kegiatannya.


 
“Penghargaan ini kami berikan kepada 13 Kementerian/Lembaga, 29 Provinsi dan 266 Kabupaten/Kota, dan tentu kami berharap jumlah K/L dan Pemda yang mendapat penghargaan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang,” ungkap Menteri Bintang Darmawati, Rabu (13/10/2021).


Sementara Pelaksana Tugas (PIt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A dan KB) Sumenep, Kadarisman mengatakan, pemberian penghargaan APE tahun 2020 terdiri dari 4 tingkatan.


Yang pertama adalah Pratama, kedua Madya, ketiga Utama dan keempat tingkat Mentor.


"Untuk Kabupaten Sumenep tahun 2020 memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya, naik satu tingkat dari sebelumnya," ujar Kadarisman.


Melansir situ kemenpppa.go.id, pemberian penghargaan APE tahun 2020 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) ke-4.


Kali ini Indonesia mendapat kehormatan jadi tuan rumah pertemuan para Menteri Urusan Pemberdayaan Perempuan di ASEAN itu.


"Kami berharap praktik-praktik baik dalam pelaksanaan PUG di Indonesia dapat menjadi sarana pembelajaran bersama di antara negara-negara ASEAN untuk turut meningkatkan kualitas PUG di Indonesia ke depan," ujar Menteri Bintang. (*/Fiq)

TerPopuler