PR IPNU Andulang Tunjukkan Sikap Mandiri dengan Bangun Badan Usaha Milik IPNU -->

PR IPNU Andulang Tunjukkan Sikap Mandiri dengan Bangun Badan Usaha Milik IPNU

Kamis, 27 Mei 2021, 6:42 PM
loading...
Badan Usaha Milik IPNU (BUMI)
Sapi betina aset Badan Usaha Milik IPNU (BUMI) Andulang yang dikelokan pada warga dengan sistem bagi hasil. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Berbagai strategi dan inovasi dalam membangun kemandirian terus digalakkan oleh Pengurus Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PR IPNU) Andulang, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep.


Upaya tersebut dilakukan dengan membangun Badan Usaha Milik IPNU (BUMI) sejak tanggal 30 Januari 2019 lalu.


Ada beberapa sektor yang saat ini mulai dirintis untuk penyokong kemandirian PR IPNU Andulang. Salah satunya dengan membuka bisnis keuangan dan jasa yang menerapkan sistem koperasi.


Ketua PR IPNU Andulang, Abd Rahman menjelaskan, di bidang bisnis keuangan dan jasa meliputi transaksi simpan pinjam pola syariah, pelayanan jual beli pulsa, token dan top-up game berbasis online dan penyewahan warles dengan jasa seikhlasnya.


Tak hanya itu, pihaknya juga membuka bidang perdagangan, pertenakan dan pertanian (P3). Tahun ini BUMI IPNU Andulang berhasil menambah aset berupa seekor sapi betina yang dibesarkan dengan konsep bagi hasil dengan Musahlan warga Dusun Cemanis.


Hal itu dilakukan agar mampu memberikan kontribusi besar dan cepat terhadap pertumbuhan aset PR IPNU Andulang.


"Saya turut bangga dengan semua ini, selain karena sapinya bagus, ini juga milik IPNU. Barangkali dengan hal ini saya juga bisa mengabdi di NU," tutur Musahlan di kediamannya, Rabu (26/05/2021).


Di bidang pertanian, saat ini dalam proses bimbingan pada petani ahli dari kalangan  masyarakat dan kerjasama dengan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan mengenai konsep pengelolaan sawah yang benar. Adapun sawah yang dimiliki merupakan fasilitas desa yang diberikan pada beberapa minggu lalu.


Selain itu, bidang ini juga mencoba melakukan proses pertanian dengan menggunakan lahan polibek yang berbasis anggota.


Terakhir, Rahman menyebut bidang marketing dan pengelolaan media juga jadi garapan. IPNU Andulang melakukan pemassifan media dan pamflet pada setiap kegiatannya.


"Saya percaya dan optimis jika semangat teman-teman BUMI terus seperti ini, BUMI akan maju dan berkembang pesat ke depan," ujar Ketua PR IPNU Andulang itu. (Helmy/Fiq)

TerPopuler