Refleksi Hari Kartini, Wabup Nyai Eva Ajak Kaum Perempuan Manfaatkan Peluang -->

Refleksi Hari Kartini, Wabup Nyai Eva Ajak Kaum Perempuan Manfaatkan Peluang

Rabu, 21 April 2021, 4:23 PM
loading...
Hari Kartini
Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah (baju batik) pada suatu kegiatan beberapa waktu lalu. (Foto Dok. Prokopimkab Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Tanggal 21 April 2021 hari ini diperingati sebagai Hari Kartini. Bukan sekadar peringatan tentang kiprah seorang perempuan, diharapkan kaum ibu bisa melihat dan memanfaatkan peluang.


Apalagi di masa pandemi Covid-19, para perempuan harus pandai memanfaatkan waktu untuk mengenal dunia digital dan bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk meningkatkan perekonomian keluarga.


"Di masa pandemi ini kaum ibu harus bisa melihat peluang ekonomi agar dapat menopang ekonomi keluarga, seperti halnya mampu memasarkan dagangan secara online," kata Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, Rabu (21/04/2021).


Wabup Dewi Khalifah menyampaikan hal tersebut sebagai refleksi Hari Kartini yang berlangsung di tengah pandemi.


Dunia digital yang selama ini sudah dikenal, seperti media sosial, harus bisa dimanfaatkan lebih dari sekadar media komunikasi dan permainan belaka.


"Hal ini memang menjadi alternatif terbaik bagi perempuan, karena kondisi saat ini melek Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi kebutuhan," ungkap Wabup yang juga Ketua Muslimat NU Sumenep itu.


Menurut Nyai Eva, demikian Wabup akrab disapa, saat ini perempuan harus pintar memanfaatkan peluang usaha. Di antaranya berjualan online dengan menggunakan media sosial (medsos) sebagai lapak.


"Jadi harus kreatif dan terus berinovasi," imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Aqidah Usymuni Tarate, Sumenep itu.


Nyai Eva menyebut wanita di masa pandemi memiliki juga peran penting dalam keluarga. Mulai menjaga kesehatan keluarga, menjadi guru bagi anak selama pembelajaran masih di rumah, serta ikut menyukseskan program vaksinasi dan sebagainya.


"Perempuan sekarang juga perlu memiliki pendidikan yang tinggi supaya bisa berdaya di masa depan," pesannya. (SK/RK/Fiq)

TerPopuler