HPN 2021, Ketua DPC PWRI Sumenep Ajak Insan Pers Jadi Penyelamat Bangsa -->


HPN 2021, Ketua DPC PWRI Sumenep Ajak Insan Pers Jadi Penyelamat Bangsa

Selasa, 09 Februari 2021, 12:32 PM
loading...
Hari Pers Nasional

Ketua DPC PWRI Sumenep Periode 2019-2023, Helman JR. (Foto: Dok. PWRI Sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pada momentum Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2021 ini semua insan pers patut merayakannya dengan penuh kebanggaan.


Mengutip sejarah Pers Nasional, diketahui HPN didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 oleh Dewan Pers.


Keputusan Presiden Soeharto yang dikeluarkan pada tanggal 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.


Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia.


Namun, perayaan HPN 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, di tahun ini bangsa Indonesia berada dalam kondisi serangan pandemi Covid-19.


Untuk itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Sumenep, Helman JR mengajak semua insan pers agar mampu menjadi penyelamat bangsa dengan memberikan informasi yang valid.


"Terutama di era pandemi Covid-19 ini, insan pers harus memberikan informasi yang benar tentang Covid-19. Kita harus lawan hoaks," kata Helman, Selasa (9/02/2021).


Hal tersebut, lanjut mantan aktivis PMII Guluk-Guluk itu, sesuai dengan tema HPN 2021HPN 2021 yakni “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.


Sehingga, para insan pers, khususnya yang tergabung di DPC PWRI Sumenep, diharapkan bisa memberitakan hal yang positif dan konstruktif demi menyelamatkan bangsa Indonesia dari pandemi Covid-19.


"Dengan berita positif tentang pandemi Covid-19, insyaallah semangat masyarakat dapat bangkit dan tidak takut lagi untuk melawan virus Corona. Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2021," ucap Helman.


Tidak hanya itu, ia juga mengajak kepada semua insan pers di Indonesia, utamanya untuk wartawan yang tergabung dalam PWRI untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 yang menjadi program pemerintah dalam menangani pandemi virus Corona.


"Ayo semua kita sukseskan program vaksinasi ini. Karena saya yakin kalau sudah divaksin, insyaallah tubuh kita akan kebal dari serangan penyakit dan virus, termasuk virus Corona," pungkas Helman. (RK/Fiq)

TerPopuler