Wow, Sumenep Masuk 12 Nominator Innovative Government Award Tahun 2020 -->

Wow, Sumenep Masuk 12 Nominator Innovative Government Award Tahun 2020

Rabu, 04 November 2020, 3:50 PM
loading...
Innovative Government Award Tahun 2020
Sekdakab Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si dan Kepala Bappeda Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si saat mengikuti Pembukaan Presentasi Kepala Daerah secara Virtual di Kantor Bupati. (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Kabupaten Sumenep masuk 12 Nominator Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.


Pemkab Kabupaten (Kabupaten) Sumenep mengajukan sebanyak 146 inovasi yang dilaksanakan OPD ke Kemendagri untuk penilaian dan pemberian penghargaan Innovative Government Award tersebut.


Penghargaan yang digagas Kemendagri ini adalah kegiatan rutin setiap tahun, dan pada tahun 2020 ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan oleh 485 Pemerintah Daerah se-Indonesia, baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Yayak Nurwahyudi mengungkapkan, Kemendagri melakukan verifikasi terhadap 146 inovasi yang diajukan Sumenep.


"Akhirnya Kemendagri menetapkan sebanyak 96 inovasi Pemeritah Kabupaten Sumenep layak sebagai salah satu nominator dari 12 Kabupaten se-Indonesia untuk penilaian dan penghargaan Innovative Government Award," kata Yayak, seusai mengikuti pembukaan Presentasi Kepala Daerah secara Virtual di Kantor Bupati, Rabu (04/11/2020).


Dari 146 inovasi yang diajukan Sumenep, Kemendagri menilai hanya ada sebanyak 96 inovasi OPD Pemkab Sumenep yang mempunyai bobot dan berkesinambungan untuk program pembangunan daerah.


“Untuk inovasi lainnya belum masuk, karena nilainya masih kurang serta pelaksanaannya belum maksimal,” imbuh Yayak.


Ia mengungkapkan, Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim dijadwalkan melakukan presentasi tentang 96 inovasi itu secara virtual pada Rabu (04/11/2020) malam kepada Tim Panelis Kemendagri.


“Kami sudah mempersiapkan materi presentasinya tentang 96 inovasi yang dilaksanakan OPD Pemerintah Kabupaten Sumenep, seperti inovasi program Dinas Kesehatan di Puskesmas dan program Wirausahawan Muda di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro,” papar Yayak.


Untuk itu, pihaknya berharap pimpinan OPD Pemkab Sumenep terus melahirkan inovasi dalam bentuk program untuk mendorong pembangunan di daerah, mengingat dengan inovasi bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Inovasi program jelas berorientasi pada hasil dan manfaat yang terukur menyesuaikan dengan arah kebijakan pembangunan daerah,” pungkas Yayak.


Kemendagri telah melaksanakan Pembukaan Presentasi Kepala Daerah dalam rangka Penilaian dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 secara Virtual, Rabu (4/11/2020).


Hadir pada acara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasiyadi didampingi Kepala Bapedda Sumenep, Yayak Nurwahyudi serta sejumlah pimpinan OPD di Kantor Bupati. (RK/Fiq)

TerPopuler