Jelang Pilkada Sumenep 2020, Ini yang Dilakukan Panwascam Rubaru -->


Jelang Pilkada Sumenep 2020, Ini yang Dilakukan Panwascam Rubaru

Senin, 23 November 2020, 10:20 AM
loading...
Pilkada Sumenep 2020
Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Rubaru. (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.COM - Menjelang Pilkada Sumenep 2020, Panwascam Rubaru melaksanakan beberapa tahapan terkait pengawasan dan penegakan hukum.


Salah satunya yaitu pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang menjadi bidang Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM), Rajula.


"Dalam rangka lebih dapat menyebarluaskan pengawasan, alhamdulillah Panwaslu Kecamatan Rubaru telah melantik 87 personel Pengawas TPS (PTPS)," ungkap Ketua Panwascam Rubaru, Moh. Thoha, Senin (23/11/2020) pagi.


Berikutnya, kata Thoha, melalui Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran (HPP), Sutomo, Panwascam Rubaru akan melakukan penertiban APK yang tidak sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku.


Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap alat kesehatan bagi dan logistik Pilkada Sumenep 2020.


"Alhamdulillah sampai saat ini Rubaru masih kondusif berkat kerja sama seluruh pihak dan semua lapisan masyarakat," tutur Thoha.


Dalam rangka menjaga situasi agar tetap kondusif, Panwascam Rubaru juga melakukan langkah-langkah pencegahan, baik dengan sosialisasi pengawasan maupun pendekatan persuasif pada tim sukses dan relawan masing-masing paslon.


Hal itu juga dilakukan kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta koordinasi yang intensif dengan Forkopimka, lebih-lebih dengan TNI-Polri sebagai pihak berwajib.


"Panwaslu Kecamatan Rubaru berharap bagaimana kerukunan tetap terjaga, khususnya bagi masyarakat Rubaru, sehingga situasi Pilkada tetap menyejukkan rasa persaudaraan kita," ujar Thoha.


Ia mengimbau supaya masyarakat tidak memaknai Pilkada sebagai ajang perpecahan. Akan tetapi justru menjadikannya momentum untuk mengeratkan persatuan dalam keberagaman.


"Mesti menjadi kesadaran bersama bahwa berbeda pandangan itu biasa, tapi kebersamaan dalam mewujudkan Sumenep yang lebih baik tentu itu yang luar biasa dan penuh makna," pungkas Thoha. (WY/Fiq)

TerPopuler