Sebanyak 77 Desa dan 311 Dusun di Pamekasan Segera Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab -->


Sebanyak 77 Desa dan 311 Dusun di Pamekasan Segera Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab

Senin, 07 September 2020, 10:21 PM
loading...
Sebanyak 77 Desa dan 311 Dusun di Pamekasan Segera Terima Bantuan Air Bersih dari Pemkab
Bupati bersama Wabup Pamekasan didampingi Sekda, Kadis BPBD dan Asisten Pemerintahan saat melepas Armada Pendistribusian Air Bersih ke desa-desa terdampak kekeringan, Senin (7/09/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Akhirnya, sebanyak 77 desa dan 311 dusun di Kabupaten Pamekasan bakal segera menerima bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten (Kabupaten) Pamekasan.

Launching Pendistribusian Air Bersih secara gratis ke desa-desa yang mengalami kekurangan air bersih tersebut dilakukan hari ini, Senin (7/09/2029) pagi di depan Mandhapa Agung Ronggosukowati.

Salah satu tujuan penyaluran air bersih itu adalah Kecamatan Tlanakan, tepatnya di Dusun Tengah 2, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Mobil distribusi air bersih ke desa-desa secara resmi dilepas oleh Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam bersama Wakil Bupati H. Raja'e seusai Apel Virtual.

Kepada awak media, Baddrut mengatakan, air yang didistribusikan kepada masyarakat itu adalah hasil pengeboran sumur yang dilakukan Pemkab Pamekasan di tahun 2019 yang sudah menghasilkan sumber daya air.

Sehingga, salah satu problem masyarakat yang menyangkut urusan kesejahteraan hidup bisa teratasi, mengingat isu utama yang akan dihadapi oleh Pamekasan di tahun 2021 adalah isu ekonomi.

"Karena kita tahu sendiri dampak dari Covid-19 ini membuat ekonomi kita mandeg, dan Pamekasan reborn," tutur politisi PKB tersebut, Senin (7/09/2020).

Di samping pencarian sumber air bersih yang selama ini sudah dilakukan, Pemkab Pamekasan juga akan segera menambah mekanisasi yang dilakukan oleh PDAM.

"Kita juga akan memperbaiki manajemen, kerusakan akan dievaluasi, juga memperbaiki kinerja PDAM," imbuh Baddrut.

Sementara itu, Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Akmalul Firdaus menjelaskan, untuk tahun 2020 ini ada 77 desa dan 311 dusun di Pamekasan yang terdampak air bersih.

Puluhan desa dan ratusan dusun tersebut, semuanya bakal menerima bantuan air bersih secara gratis dari Pemkab Pamekasan.

"Selama 3 bulan ke depan, Pemkab akan terus mendistribusikan air bersih kapada masyarakat. Untuk data penerima sudah ada di masing-masing kecamatan," jelas Firdaus.

Adapun pengiriman air bersih untuk hari ini dilaksanakan di 15 desa di 9 kecamatan. Firdaus berharap masyarakat menggunakan air bersih tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Utamakan pemakaian air untuk kebutuhan dasar, seperti untuk makan, minum, cuci baju dan piring," ujarnya. (ADV/Ir/Fiq)

TerPopuler