Jalan Pasar Waru Pamekasan Sering Macet, Butuh Bangunan dan Terminal Baru -->


Jalan Pasar Waru Pamekasan Sering Macet, Butuh Bangunan dan Terminal Baru

Minggu, 13 September 2020, 1:17 PM
loading...
Jalan Pasar Waru Pamekasan Sering Macet, Butuh Bangunan dan Terminal Baru
Camat Endy Sutrisno bersama Forkopimka Waru saat mengurai kemacetan di Jalan Pasar Waru, Pamekasan, Ahad (13/09/2020) pagi. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Akses Jalan Raya Pasar Waru, Pamekasan selama ini dikenal dengan kemacetannya yang luar biasa. Selain akibat membludaknya para pedagang sampai di bahu jalan, juga karena belum ada tempat untuk parkir kendaraan.

Akan tetapi, beberapa bulan belakangan ini terlihat pemandangan berbeda. Tampak kendaraan terparkir rapi meski di pinggir jalan, dan arus lalu lintas di depan Pasar Waru pun terlihat cukup lancar.

Kondisi seperti ini bisa tercipta berkat sinergitas Forkopimka Waru, Satpol PP,  Dishub, Pengelola Pasar dan Juru Parkir yang belakangan rutin terjun langsung ke jalan, utamanya di hari-hari pasaran yaitu Kamis dan Ahad, guna mengatur lalu lintas.

Upaya mengurai kemacetan tersebut juga dibantu oleh relawan dan LSM.

Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Camat Waru, Endy Sutrisno, yang ditemui oleh jurnalis E-KABARI.COM di sela-sela pengaturan lalu lintas di depan Pasar Waru, Ahad (13/09/2020) pagi.

"Setiap hari pasaran Kamis dan Minggu, dengan saya komandoi langsung, kami bersama-sama dan bersinergi turun langsung ke jalan," terang Camat Endy Sutrisno.

Menurut Endy, untuk menghilangkan kemacetan di jalan Pasar Waru secara permanen dan berkelanjutan, sebenarnya sudah sangat dibutuhkan perombakan atau pembangunan pasar yang baru.

Demikian juga untuk terminal yang baru, mengingat selama ini di Kecamatan Waru belum punya terminal. Walaupun ada bekas terminal, namun sudah tidak berbentuk dan dipenuhi pedagang pasar sejak lama.

Apalagi mengingat Pasar Waru merupakan pasar besar. Tidak sedikit pedagang dari luar Pamekasan berdagang di sana, karena Pasar Waru menjadi tempat untuk kulakan bagi pedagang pasar-pasar lainnya.

Karena itu, Camat Endy berharap Pemerintah Kabupaten Pamekasan bisa secepatnya merencanakan untuk pembuatan pasar dan terminal baru di Kecamatan Waru.

"Dengan adanya terminal, otomatis semua kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4 akan singgah dan parkir di sana," katanya, Ahad (13/09/2020) pagi.

Sementara itu, Yanto, Koordinator Juru Parkir Pasar Waru mengatakan, pihaknya sangat sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Camat Endy Sutrisno.

Saat ini memang dibutuhkan pasar dan terminal baru di Kecamatan Waru, agar kemacetan yang sudah teratasi beberapa bulan ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Selain itu, dengan bangunan yang lebih memadai dan adanya terminal, pengaturan lalu lintas bisa lebih mudah dan lancar.

"Saya sangat mendukung keinginan Pak Camat (Waru), semoga saja hal itu bisa terealisasi," ucap Yanto. (Ir/Fiq)

TerPopuler