FRPB Pamekasan Sudah Punya Damkar Mini, Siap Bantu Masyarakat 24 Jam -->


FRPB Pamekasan Sudah Punya Damkar Mini, Siap Bantu Masyarakat 24 Jam

Jumat, 04 September 2020, 6:05 PM
loading...
FRPB Pamekasan Sudah Punya Damkar Mini, Siap Bantu Masyarakat 24 Jam
Uji coba mobil Damkar Mini milik FRPB Pamekasan, Jumat (4/09/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan sekarang sudah punya Damkar Mini dari jenis mobil Carry, yang siap membantu masyarakat jika dibutuhkan.

Hal ini dikatakan oleh Koordinator FRPB, Budi Cahyono saat ditemui di Posko Covid-19 Bakorwil Pamekasan, Jumat (4/09/2020).

Budi menjelaskan, inisiatif punya Damkar Mini itu memang sudah pihaknya rencanakan setahun yang lalu, disebabkan banyaknya kebakaran lahan atau pemukiman yang sulit ditembus oleh Damkar BPBD.

"Agar kebakaran lahan dan pemukiman bisa dilokalisir dan tidak menjalar ke lokasi lainnya," ucap pria yang biasa disapa warga Pemekasan dengan Pak Songot itu.

Budi juga menjelaskan, manfaat mobil Damkar Mini itu serbaguna. Selain menjadi damkar, juga bisa untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih.

"Kita stay 24 jam, dan bisa langsung hubungi Call Center kami di nomor 081931515222," tuturnya kepada E-KABARI.COM.

Untuk sementara, mobil Damkar Mini yang dimiliki FRPB ditempatkan di Posko Covid-19 Bakorwil Pamekasan, karena saat ini FRPB belum punya tempat yang strategis.

Sedangkan untuk uji coba pertama, Budi menyebut Damkar Mini itu pakai kapasitas 1000 liter. Akan tetapi mesinnya tidak kuat.

"Akhirnya kita kurangi menjadi 500 liter," papar pegawai BPBD Pamekasan itu.

Budi berharap, aeandainya ada kendaraan yang tidak terpakai kemudian diberikan kepadanya, maka akan dimodifikasi untuk menjadi Damkar Mini FRPB.

"Memang kalau Carry kekuatannya terbatas untuk membawa air, tapi keuntungannya bisa masuk ke gang-gang kecil," ungkapnya.

Selain peralatan pendukung seperti selang 6 rol 30 m, mesin pompa 1, nosel 4 yang sudah ada, Damkar Mini itu nantinya akan ditambah perlengkapan rotator dan mesin pompa, agar kualitas semburan bisa makin kuat.

Budi juga berencana dalam waktu dekat akan menghadap Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam untuk membahas Posko FRPB.

"Insyaallah saya akan menemui Bapak Bupati. Semoga ada tanggapan positif dari Beliau," harapnya. (Ir/Fiq)

TerPopuler