Satgas Covid-19 Sumenep Tegaskan Pentingnya Jalankan Protokol Kesehatan -->

Satgas Covid-19 Sumenep Tegaskan Pentingnya Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 17 Juli 2020, 9:13 AM
loading...
Satgas Covid-19 Sumenep Tegaskan Pentingnya Jalankan Protokol Kesehatan
Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Ferdiansyah Tetrajaya, SH. (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menegaskan pentingnya menjalankan protokol kesehatan kepada semua pihak.

Pasalnya, semakin hari semakin bertambah kecamatan yang menjadi zona merah di Sumenep, dan semakin bertambah pula tenaga medis, tenaga kesehatan serta masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19.

"Harus diyakini bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di Kabupaten Sumenep ini, dan masih mungkin akan menulari kita semua," ujar Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Kamis (16/07/2020) malam.

Karena itu, kehati-hatian mutlak harus dilakukan terhadap orang di sekitar kita. Karena peran serta masyarakat menjadi faktor penentu dalam pengendalian Covid-19.

"Apabila pengendalian di tengah masyarakat bisa kita lakukan dengan sebaik-baiknya dengan mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin yang tinggi, terus menerus, dan secara bersama-sama, maka beban layanan rumah sakit dan puskesmas akan menurun," jelas Ferdiansyah.


Masyarakat juga harus sadar bahwa biaya perawatan penderita Covid-19 tidak murah dan tidak mudah. Sehingga, beban yang berlebihan di rumah sakit untuk merawat penderita Covid-19 akan berdampak pada kerugian yang besar.

Tak hanya itu, beberapa tenaga medis dan tenaga kesehatan juga terdampak. Hal ini akan mengurangi kapasitas rawatan dan layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumenep, khususnya yang menjadi tulang punggung pengendalian Covid-19 ini," tegas Humas Satgas Covid-19 Sumenep itu.

Makanya, Ferdiansyah meminta masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan dengan benar, karena kita yang bisa menghentikan sebaran ini. Tetap gunakan masker dengan cara yang benar, jaga jarak minimal satu setengah meter dan rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir, serta tetaplah tinggal di rumah.

"Ini adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan. Peran kita semua menjadi penentu dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Sumenep ini," pesan Ferdiansyah. (RK/Fiq)

TerPopuler