Bupati Sumenep Resmikan 300 Kampung Tangguh: Harus Tangguh dalam Bentuk Apapun -->

Bupati Sumenep Resmikan 300 Kampung Tangguh: Harus Tangguh dalam Bentuk Apapun

Kamis, 16 Juli 2020, 7:50 PM
loading...
Bupati Sumenep Resmikan 300 Kampung Tangguh: Harus Tangguh dalam Bentuk Apapun
Peresmian 300 Kampung Tangguh, 1 Pelabuhan Tangguh dan 1 TPI Tangguh oleh Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim, Kamis (16/07/2020). (Foto RK/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim meresmikan 300 Kampung Tangguh, 1 Pelabuhan Tangguh dan TPI Tangguh secara simbolis, Kamis (16/07/2020), di Desa Kaduara timur, Kecamatan Pragaan, Sumenep.

Ia meminta semua kampung tangguh memberikan pelayanan terbaik dan edukasi pada masyarakat tentang pemberantasan Covid-19, karena itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Kampung tangguh bukan sebatas slogan saja. Tapi, harus tangguh dalam kesehatan, tangguh dalam pangan, tangguh dalam keamanan dan tangguh dalam melayani masyarakat. Tangguh dalam bentuk apapun,” tegas Bupati Busyro, Kamis (16/07/2020).

Selain kampung tangguh, keberadaan pelabuhann tangguh juga sangat dibutuhkan. Sebab, Kabupaten Sumenep mempunyai beberapa pelabuhan, baik pelabuhan Nasional maupun pelabuhan rakyat.

“Itulah sebabnya diperlukan pelabuhan tangguh guna mendeteksi orang yang akan menyeberang ke wilayah kepulauan,” jelas Bupati Sumenep dua periode itu.

Karena merupakan kabupaten dengan sejumlah pulau, Sumenep mempunyai wilayah laut yang sangat luas dan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Sehingga, sangat pantas dibentuk kampung tangguh di tempat pelelangan ikan (TPI).

“Kabupaten Sumenep mempunyai luas laut sekitar 50.000 meter persegi, sehingga mempunyai hasil laut yang sangat besar, maka diperlukan TPI tangguh,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kapolres Sumenep, AKBP Darman menambahkan, kampung tangguh yang sudah diresmikan di Sumenep ada 300 desa, ditambah satu kampung tangguh pelabuhan dan satu kampung tangguh Tempat Pelelangan Ikan (TKI).

"Hanya saja peresmian kampung tangguh ini dilakukan di Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan," jelas AKBP Darman.

Hingga saat ini, total Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Sumenep ada 344 kampung. Semua kampung tangguh tersebut tak lain sebagai upaya penanganan pencegahan Covid-19 di Sumenep.

"Untuk itulah diharapkan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan program kampung tangguh, karena peran serta masyarakat sangat penting dalam penanganan pencegahan Covid-19," pesan Kapolres Darman.

Salain Bupati Busyro dan Kapolres Darman, hadir dalam Peresmian 300 Kampung Pangguh, Pelabuhan Tangguh dan TPI Tangguh itu, Dandim 0827 Sumenep, semua OPD Sumenep, Para Kapolsek jajaran, dan para Camat Kabupaten Sumenep.

Hadir pula semua kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, juga perwakilan dari BUMD. (ADV/RK/Fiq/)

TerPopuler