Polsek bersama Forkopimka Kadur Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Bangkes -->


Polsek bersama Forkopimka Kadur Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Bangkes

Selasa, 16 Juni 2020, 10:21 PM
loading...
Polsek bersama Forkopimka Kadur Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Bangkes
Launching Kampung Tangguh Semeru Desa Kertagenah Tengah dan Desa Bangkes di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Selasa (16/06/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Polsek Kadur bersama Forkopimka dan Kepala Desa Kertagena Tengah, serta Desa Bangkes Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Selasa (16/06/2020) pagi.

Program tersebut sebagai upaya pencegahan dini guna memutus mata rantai penyebaran penularan virus Corona atau Covid-19 secara mandiri di seluruh desa di Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

Namun dari 10 desa yang ada di Kecamatan Kadur, hanya ada 3 desa yang menjadi percontohan Kampung Tangguh Semeru. Yang dua di antaranya diresmikan hari ini.

"Dusun Gagah Desa Gagah sudah di-launching beberapa hari yang lalu, sedangkan hari ini, Selasa (16/06/2020) yaitu Dusun Be'beto Timur Desa Kertagena Tengah dan Dusun Embung Barat Utara Desa Bangkes," tutur Kapolsek Kadur, Moh. Tarsun.

Ketiga desa yang menjadi contoh peresmian program Kampung Tangguh Semeru itu, dimaksudkan untuk memberdayakan potensi di setiap desa supaya dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait upaya mencegah penyebaran penularan Covid-19.

"Termasuk di antaranya terkait tindakan awal apabila ditemukan warga yang terkonfirmasi positif virus Corona, juga cara pemulasaran jenazah bagi pasien yang wafat akibat Covid-19," jelas Tarsun.

Selain itu, dengan adanya program Kampung Tangguh Semeru terdapat ketahanan pangan dengan adanya lumbung pangan yang didapat dari bantuan sukarela warga, juga tenaga medis serta ruang karantina atau isolasi untuk pasien Covid-19.

"Mekanisme maupun SOP (pencegahan Covid-19) yang meliputi keamanan, buku mutasi keluar masuk maupun perjalanan warga dan buku penjagaan serta buku tamu juga diterapkan di sini," imbuh Tarsun.

Dengan di-launching-nya Kampung Tangguh Semeru di tiga desa untuk wilayah Kecamatan Kadur tersebut, diharapkan dapat menjadikan rasa kebersamaan dan kekompakan antar stakeholder.

Sehingga selain sebagai upaya penanganan Covid-19, Kampung Tangguh Semeru yang sudah ada di Kecamatan Kadur bisa menjadi tempat untuk saling memberi seikhlasnya melalui lumbung pangan guna membantu masyarakat.

"Masyarakat bisa saling memberi melalui persiapan lumbung pangan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan di tengah pendemi Covid-19," pungkas Tarsun. (Ir/Fiq)

TerPopuler