Pemerintah Desa Tambaksari Serahkan BLT DD Tahap I -->


Pemerintah Desa Tambaksari Serahkan BLT DD Tahap I

Jumat, 19 Juni 2020, 9:25 PM
loading...
Pemerintah Desa Tambaksari Serahkan BLT DD
Kepala Desa Tambaksari, Sucipno, S.Sos saat menyerahkan BLT DD di Kantor Desa Tambaksari, Kecamatan Rubaru, Kamis (18/06/2020). (Foto WY/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tambaksari, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2020, Kamis (18/06/2020) kemarin.

Bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tersebut diserahkan kepada 59 warga Tambaksari dari empat dusun, dengan rincian Dusun Bajik 11 orang, Kalerker 18 orang, Lenteng 10 orang, dan Peyangan 20 orang.

Dalam Perppu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan Dana Desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Atas dasar itulah, Pemerintah Desa Tambaksari menyalurkan BLT DD Tahap I kepada 59 warganya yang kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian mereka akibat pandemi wabah Covid-19.

“Penerima BLT-DD ini adalah warga kurang mampu yang kehilangan pekerjaannya akibat dampak Covid-19 dan yang belum tersentuh bantuan dari APBD atau APBN. Misalnya, penerima PKH, BPNT dan lainnya,” kata Sucipno selaku Kepala Desa Tambaksari, Kamis (19/06/2020).

Sebanyak 59 penerima BLT DD tersebut, menurut Sucipno sudah melalui Musdes Khusus. Kemudian hasil Musdes Khusus tersebut disetor untuk diverifikasi oleh tim di Kecamatan Rubaru untuk menghindari terjadinya kesalahan data.

“Jadi, penerima Bansos BLT DD ini adalah warga yang sudah tersaring dalam validasi dan finalisasi di musyawarah desa (Musdes) khusus tentang penetapan keluarga kurang mampu penerima BLT-DD,” tuturnya.

Sucipno berharap, masyarakat yang menerima BLT DD tidak menggunakan uang tersebut untuk membeli barang di luar kebutuhan pokok. Karena tujuan Pemerintah memberikan bantuan itu jelas untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Dengan adanya BLT DD yang telah diberikan kepada masyarakat sebesar Rp 600 ribu, diharapkan digunakan dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa pandemi ini,” ujar Sucipno.

Hadir pada penyerahan BLT DD di Kantor Desa waktu itu, Camat dan Sekcam Rubaru, Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tambaksari, dan tentu saja Kades berikut Perangkat Desa Tambaksari. (WY/Fiq)

TerPopuler