Pantai Keris di Gersik Putih, Potensi Wisata Baru di Sumenep -->

Pantai Keris di Gersik Putih, Potensi Wisata Baru di Sumenep

Rabu, 10 Juni 2020, 8:48 AM
loading...
Pantai Keris di Gersik Putih, Potensi Wisata Baru di Sumenep
Lanskap memukau senja kala di Pantai Keris Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pantai Keris, demikian namanya. Meski belum banyak yang tahu, pantai yang terletak di Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura ini bisa menjadi potensi wisata baru di Kabupaten Sumenep.

Pantai Keris disebut-sebut memiliki lanskap yang unik dan pemandangan sekelilingnya nan indah. Semua orang dijamin takjub apabila berkunjung ke pantai yang berada di bagian timur Desa Gersik Putih ini.

Herman Wahyudi, salah seorang pemuda desa setempat menceritakan nama 'Pantai Keris' disematkan karena lanskap pantai yang berbentuk mirip keris menjulur ke tengah laut dari utara selatan, tarik lurus dengan Pelabuhan Kalianget-Talango.

Dari Pantai Keris tampak dengan jelas pemandangan aktivitas pelabuhan di seberang yang dihiasi oleh kapal kargo, kapal pesiar dan perahu-perahu kecil yang tampak hilir mudik menghiasi sekeliling pantai.

Di sisi timur pantai, hamparan Pulau Poteran, Talango yang sangat hijau tampak jelas dan indah. Terasa dekat, bahkan seolah pengunjung akan sampai ke sana hanya dengan satu langkah kaki saja.

Sedangkan di sisi barat juga tak kalah indah. Pemandangan Kampung Tapakerbau (Takerbuy) terlihat ciamik. Apalagi di waktu sore dihiasi semburat jingga, menambah nyaman suasana.

Bahkan, pengunjung bisa menjelajahi Kampung Takerbuy dengan berjalan kaki, karena laut di sisi barat menuju kampung sangat dangkal.

Kata Yudik, panggilan akrab Herman Wahyudi, biota laut seperti rajungan, kerang, belicar, siput, bintang laut, mimi dan ikan-ikan kecil akan jelas terlihat di dasar laut.

“Wisatawan akan merasakan sensasi yang tidak biasa dan berbeda dibanding pantai-pantai lain yang ada di Madura. Hanya di pantai ini kita bersantai di pantai, tapi berasa seperti di tengah lautan," terangnya.

Tak hanya itu, Pantai Keris juga memiliki spot berenang yang menarik. Yudik menyebut wisatawan dapat memiliki spot yang pas sesuai usia dan kemampuan berenangnya.

Orang dewasa bisa memilih berenang di sisi timur. Dengan ombak yang sedang, sensasi berenang di sisi timur sangat cocok untuk anak-anak usia 10 tahun hingga dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak usia di bawah 10 tahun, bisa berenang di sisi barat. Airnya yang tenang dan dangkal dijamin sangat safety dan recommendad untuk anak-anak.

“Itulah salah satu kelebihan lainnya, kelebihan dari pantai ini. Punya dua spot berenang yang keren, sehingga orang tua yang membawa anaknya tidak perlu khawatir,” tutur Yudik.

Pantai yang terletak di sisi utara Pelabuhan Kalianget itu juga terbilang mudah diakses. Pertama, bisa melalui Kecamatan Gapura menuju ke arah selatan dari depan Polsek Gapura, tepat di sisi timur SDN Gapura Barat.

Akses kedua bisa dilakukan dengan Perahu Tongkang dari arah Kalianget ke Kalettek, pelabuhan rakyat Desa Gersik Putih. Akses jalan menuju pantai pun masih sangat asri, namun tetap bisa dilalui oleh mobil.

Meski belum banyak yang tahu, pantai yang disebut warga sekitar dengan "Beddhi Alang” itu sudah mulai dilirik dan dikunjungi oleh wisatawan lokal. Saat ini menurut Yudik pengunjung Pantai Keris masih hitungan jari.

Namun jika potensi alam tersebut dikelola dengan baik oleh Pemerintah Desa maupun kelompok pemuda setempat, ia yakin dapat menjelma sebagai destinasi favorit baru di Kabupaten Sumenep, bahkan di Madura.

"Pantai ini punya segala syarat untuk berkembang jadi destinasi wisata baru yang digandrungi kaum millenial," ujar Yudik. (Y/R/Fiq)

TerPopuler