Luncurkan Penyaluran BST, Bupati Busyro Minta KPM Gunakan Sesuai Kebutuhan -->


Luncurkan Penyaluran BST, Bupati Busyro Minta KPM Gunakan Sesuai Kebutuhan

Senin, 11 Mei 2020, 4:52 PM
loading...
Luncurkan Penyaluran BST, Bupati Busyro Minta KPM Gunakan Sesuai Kebutuhan
Bupati Busyro Karim didampingi Kepala Dinsos Sumenep, Mohammad Iksan menyerahkan BST Covid-19 secara simbolis kepada Kepala Kantor Pos Sumenep, Senin (11/05/2020). (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim resmi meluncurkan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk Keluarga Kurang Mampu terdampak Covid-19 tahun 2020 di halaman Kantor Pos Sumenep, Senin (11/05/2020) pagi.

Ketika sambutan, Bupati Busyro meminta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mempergunakan BST yang diterima dengan baik dan sesuai kebutuhan, supaya pemerintah tidak percuma memberikan bantuan tersebut.

“Saya minta KPM manfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga sehari-hari di tengah masa pendemi Covid-19. Jangan gunakan untuk keperluan yang tidak penting atau tidak perlu,” pintanya, Senin (11/05/2020).

Bupati Busyro menjelaskan, BST adalah program Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Di Sumenep penerima BST mencapai 65.859 KPM, tapi saat ini proses pencairan bantuan baru kepada 36.403 KPM.

"Yang belum dapat hari ini tidak perlu resah, karena KPM yang datanya sudah masuk ke Kemensos RI jelas mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan terhitung bulan April hingga Juni tahun ini," tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, Mohammad Iksan menjelaskan, dana BST dari Kemensos RI kepada 65.859 KPM di Sumenep mencapai Rp 118 miliar lebih.

"Dana itu disalurkan kepada 65.859 KPM melalui Kantor Pos dan Perbankan. Sebanyak 36.403 KPM di Kantor Pos dengan total dana Rp 65 miliar lebih, melalui Bank BNI sebanyak 2.300 KPM dananya Rp 4 miliar lebih," jelas Iksan.

Adapun yang disalurkan melalui Bank BRI yaitu sebanyak 821 KPM dananya Rp 1 miliar lebih, melalui Bank Mandiri sebanyak 154 KPM dananya Rp 277 juta lebih, dan melalui Bank BTN sebanyak 19 KPM dananya Rp 34 juta lebih.

Peluncuran BST dilakukan Bupati Busyro ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Kepala Kantor Pos Sumenep, Aquedsa Habibi dan KPM, dilanjutkan dengan meninjau proses pencairan dana yang dilakukan petugas PT. Pos. (RK/Fiq)

TerPopuler