Jumat Berbaur, Bupati Pamekasan Serahkan 6 Unit Roda 3 ke 6 Ponpes di HPSN 2020 -->

Jumat Berbaur, Bupati Pamekasan Serahkan 6 Unit Roda 3 ke 6 Ponpes di HPSN 2020

Jumat, 06 Maret 2020, 4:58 PM
loading...
Jumat Berbaur, Bupati Pamekasan Serahkan 6 Unit Roda 3 ke 6 Ponpes di HPSN 2020
Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam, S.Psi saat menyerahkan kunci kendaraan roda 3 pengangkut sampah secara simbolis ke 6 Ponpes penerima bantuan, Jumat (6/03/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Dalam rangka Jumat Berbaur, Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam, S.Psi menghadiri acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) bertema "Indonesia Bersih Untuk Indonesia Maju", Jumat (6/03/2020).

Acara yang dimulai dengan bersepeda  bersama komunitas sepeda ontel tersebut, berangkat dari Pendopo Bupati sampai ke TPA Angsanah, kemudian dilanjutkan dengan penanaman 300 pohon Mahoni.

"Saya bersama Pak Wabup sangat berbahagia dalam Jumat Berbaur ini bisa menyerahkan 6 kendaraan roda 3 kepada 6 ponpes yang ada di Pamekasan," ungkap Bupati Badrut, Jumat (6/03/2020).

Keenam Ponpes yang mendapat bantuan motor roda 3 untuk pengangkut sampah itu yakni Ponpes Mambaul Bata-Bata, Darul Ulum Banyuanyar, Miftahul Ulum Bettet, Al Hamidy Banyuanyar, Darul Akhlaq Toronan, dan Yayasan Al Madani Sumber Bungur, Pakong.

"Dengan bantuan motor pengangkut sampah ini semoga pesantren semakin bersih. Semoga santri sehat karena lingkungannya bersih," harap Badrut.

Dijelaskan Bupati, dari 326 Ponpes yang ada di Pamekasan, saat ini baru terdapat 39 Ponpes saja yang ikut program Eco Pesantren. Dengan program ini, Ponpes diharapkan menjadi penggerak utama kebersihan.

"Kami berharap hidup bersih itu menjadi spirit, perilaku dalam kehidupan masyarakat Pamekasan," ungkap Badrut.

Menurut Bupati, kebiasaan bersih menjadi sebagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Yang salah satunya dengan berupaya menjadi tauladan kampanye bebas plastik.

"Bahkan di pendopo nantinya cukup pakai air galon, sehingga lebih murah dan efektif. Orientasinya adalah mengurangi sampah plastik," tuturnya.

Bupati Badrut berharap, Hari Peduli Sampah Nasional yang berlangsung di TPA Angsanah itu bisa menjadi momentum awal untuk mewujudkan Pamekasan Bersih menuju Pamekasan Hebat, Rajjha, Bhajjra, Parjugha.

"Kami atas nama Pemerintah nitip salam takdzim kepada para alim dan ulama, semoga menjadi semangat, bersih, rapi dan menjadi generasi yang hebat," pungkasnya. (Ir/Fiq)

TerPopuler