Cegah Covid-19, Warga Perum Pondok Indah Kolor Sumenep Swadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan -->


Cegah Covid-19, Warga Perum Pondok Indah Kolor Sumenep Swadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kamis, 26 Maret 2020, 7:42 PM
loading...
Cegah Covid-19, Warga Perum Pondok Indah Kolor Sumenep Swadaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Ketua RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep, H. Ibnu Hajar saat melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warganya, Kamis (26/03/2020) siang. (Foto RK/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Warga RT 01 RW 06 Perumahan Pondok Indah Kolor Sumenep swadaya melakukan penyemprotan disinfektan terhadap 125 rumah di RT tersebut pada Kamis (26/03/2020) siang.

Ketua RT 01, H. Ibnu Hajar mengungkapkan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan atas inisiatif dari semua warganya guna ikut serta mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumenep.

“Ini berangkat dari inisiatif warga, kemudian sebagai Ketua RT 01 RW 06 saya berembuk bersama para pengurus RT, dan masyarakat setuju dengan ide penyemprotan disinfektan ini,” ungkapnya di sela melakukan penyemprotan.

Ibnu menegaskan, kegiatan penyemprotan disinfektan terhadap 15 rumah warta RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep itu dilakukan secara swadaya. Tidak ada bantuan dari Pemerintah, baik dari Dinas Kesehatan maupun dari Pemerintah Desa.

“Semuanya murni uang warga yang diambil dari kas RT. Biaya yang dihabiskan untuk bahan-bahan penyemprotan ini sekitar Rp 550 ribu,” terang Ketua RT yang juga seorang penyair itu.

Ibnu berharap, kekompakan warga RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep nantinya menjadi contoh untuk RT-RT yang lain. Karena dengan kesadaran bahwa pencegahan Covid-19 merupakan tugas bersama, hal itu dapat membantu langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah.

“Karena bagaimanapun wabah Covid-19 ini kan menjadi tanggung jawab bersama. Jadi, sebagai warga kita tidak perlu menunggu tindakan dari Pemerintah,” ungkapnya.

Ibnu menyebut RT 01 RW 06 Perum Pondoh Indah Kolor Sumenep sebagai RT tergemuk di Kota Sumenep. Dengan sekitar 125 rumah, lingkungan RT yang dipimpinnya itu cukup padat, sehingga pihaknya merasa perlu melakukan antisipasi dengan penyemprotan disinfektan ke setiap rumah warga.

“Makanya sebagai Ketua RT saya menginisiasi ini (penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, red),” tegasnya.

Sementara itu, H. Qomar, salah seorang warga RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep menyatakan germbir terhadap kepedulian dari pihak RT untuk melakukan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungannya.

“Saya senang sekali ada kepedulian dari pihak RT, sehingga dilakukan penyemprotan ini. Apalagi tidak ada pungutan biaya khusus untuk kegiatan ini,” ungkapnya. (RK/Fiq)

TerPopuler