Tularkan Semangat Berliterasi, Kompak Terima Studi Komparatif MTs dan MA Al-Arief Jate Gili Genting -->

Tularkan Semangat Berliterasi, Kompak Terima Studi Komparatif MTs dan MA Al-Arief Jate Gili Genting

Sabtu, 25 Januari 2020, 9:35 PM
loading...
Tularkan Semangat Berliterasi, Kompak Terima Studi Komparatif MTs dan MA Al-Arief Jate Gili Genting
Suasana Studi Komparatif dari MTs dan MA Al-Arief Jate, Gili Genting, Sumenep ke Kompak di Lantai II Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Pamekasan, Sabtu (25/01/2020). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Komunitas Pamekasan Membaca atau yang dikenal dengan sebutan Kompak menerima kunjungan MTs dan MA Al-Arief Jate, Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kedatangan rombongan dua madrasah dalam satu naungan ke Pamekasan tersebut dalam rangka melaksanakan studi komparatif mengenai dunia literasi.

"Kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Gerbang Salam, dan semoga pertemuan kali ini menjadi awal keberlangsungan kemitraan kita dalam meningkatkan semangat berliterasi," kata Moh Hasanuddin, Ketua Kompak, Sabtu (25/01/2020).

Menurut Hasan, studi komparatif yang dilaksanakan di Lantai II Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Pamekasan itu, juga menghadirkan dua pemateri guna lebih menguatkan terhadap bagaimana kita meminang literasi di era 4.0 ini.

"Selain kita sharing berkenaan dengan program-program yang dilaksanakan Kompak, baik jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, kami juga mengadakan diskusi bertemakan 'Membentuk Generasi Muda dengan Meminang Literasi'," terangnya.

Dua pamateri diskusi dalam kegiatan yang didukung oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan dan Forum Wartawan Pamekasan (FWP) itu, yakni Mabruroh, Best Delegate Konferensi Nasional LKTI Ekonomi Kreatif, dan Arinalhaqil Ghifari, pengurus Pustaka Bergerak Indonesia serta Penggerak Compok Literasi.

"Mereka sengaja kami datangkan untuk kemudian dapat mengupas tuntas berkenaan dengan bagaimana para pelajar dari MTs dan MA Al-Arief Jate, Gili Genting, Sumenep ini lebih tahu tentang dunia literasi," jelas Hasan.

Sehingga, lanjut dia, dengan semua itu nantinya para pelajar MTs dan MA Al-Arief Jate, Gili Genting diharapkan dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan usai acara tersebut tergelar.

Sementara Kepala MA Al-Arief Jate Gili Genting Sumenep, Edi mengucapkan terima kasih kepada pihak Kompak yang telah menerima kedatangan rombongannya dari Pulau Gili Genting, Sumenep.

"Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman Kompak karena telah dengan baik menerima kedatangan kami untuk saling bersinergi, bersama-sama menimba ilmu," katanya, Sabtu (25/01/2020).

Lebih lanjut Edi mengungkapkan kedatangannya ke Pamekasan tak lain untuk dapat menguatkan semangat dan wawasan yang lebih bagi anak-anak didiknya.

"Karena kami yang ada di pulau, sama halnya dengan bunga di pot. Maka dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan tunas, menguatkan akar sekalipun kami berada di pot bunga," ujarnya.

"Kami berharap ini tidak menjadi akhir dari kita. Namun, dari kegiatan ini menjadi pintu untuk dapat bekerjasama dengan baik ke depannya," imbuh Edi penuh harap. (Ir/Fiq)

TerPopuler