Peternakan Lele di Desa Klitik Jadi Puncak Tema Binatang TK Kartika IX Yonarmed 12 -->

Peternakan Lele di Desa Klitik Jadi Puncak Tema Binatang TK Kartika IX Yonarmed 12

Sabtu, 18 Januari 2020, 2:21 PM
loading...
Peternakan Lele di Desa Klitik Jadi Puncak Tema Binatang TK Kartika IX Yonarmed 12
Murid TK Kartika IX Yonarmed 12 Ngawi tampak gembira bermain dengan ikan di peternakan Lele, Sabtu (18/01/2020) pagi. (Foto for E-KABARI)

NGAWI, E-KABARI.COM - Peternakan lele yang berlokasi di Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (18/01/2020) pagi mendadak ramai oleh puluhan murid Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika IX Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad.

Senyum dan tawa ceria pun tak luput menghiasi wajah puluhan murid TK Kartika tersebut ketika masing-masing melempar pakan ikan ke kolam Lele.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari puncak tema binatang,” kata Naya Siwabessy.

Ketua Persit KCK Ranting 4 Yonarmed 12 itu menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari pembelajaran pada anak-anak melalui metode saintifik sesuai dengan Kurikulum 2013.

"Ini sesuai Kurikulum 2013. Kebetulan temanya hari ini binatang," ungkap Naya.

Terpisah, Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F. Siwabessy menyebut pendekatan saintifik merupakan salah satu metode pembelajaran yang menempatkan siswa menjadi subjek aktif.

“Melalui tahapan-tahapan ilmiah, sehingga mampu mengkonstruksi pengetahuan baru atau memadukan dengan pengetahuan sebelumnya,” ujar almamater Akademi Militer tahun 2002 itu.

Menurut Letkol Ronald, terdapat 5 kegiatan utama yang menjadi proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Selain mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan merupakan salah satu metode pendekatan saintifik yang sangat baik bagi anak-anak.

“Hakikatnya, pembelajaran saintifik adalah metode pembelajaran yang disajikan dalam suasana yang menyenangkan,” ujar Letkol Ronald. (P5/Fiq)

TerPopuler