Peduli Lingkungan, Polres Pamekasan Tanam 1000 Bibit Pohon di Halaman Asrama -->

Peduli Lingkungan, Polres Pamekasan Tanam 1000 Bibit Pohon di Halaman Asrama

Jumat, 10 Januari 2020, 4:45 PM
loading...
Peduli Lingkungan, Polres Pamekasan Tanam 1000 Bibit Pohon di Halaman Asrama
Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari usai melakukan penanaman bibit pohon di lahan halaman Asrama Polres Pamekasan, Madura, Jumat (10/01/2020) pagi. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melakukan Penanaman 1000 Bibit Pohon di lingkungan asrama Polres setempat, Jumat (10/01/2020) pagi.

Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan jajaran personel Polres Pamekasan didampingi oleh istri masing-masing yang tergabung dalam Bhayangkari.

Selain itu, siswa-siswi dari polisi cilik turut serta pula melakukan penanaman pohon di asrama Polres yang berada di Jl. Raya Nyalaran, Pamekasan tersebut.

Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari melakukan penanaman bibit pohon didampingi istri tercintanya, Nyonya Tari Djoko Lestari.

Pantauan E-KABARI.COM di lokasi, keduanya terlihat tampak romantis. Sebab saat ingin melakukan penanaman, AKBP Djoko Lestari turun langsung ke lahan penanaman untuk mencangkul tanah, lalu sang istri yang menanam bibit pohon.

Menurut Kapolres Djoko Lestari, penanaman pohon itu dilakukan sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian Polres Pamekasan terhadap bumi.

"Kita menyadari bahwa tanaman berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan kebutuhan pangan," katanya, Jumat (10/01/2020).

Kapolres mengakui, tanaman yang tumbuh di sekeliling kehidupan manusia banyak memberikan manfaat, seperti; menyediakan ketersediaan air, sumber energi, penghasil oksigen dan tempat rekreasi.

"Konservasi keanekaragaman hayati saat ini sudah kurang terkendali, sehingga kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak," tuturnya.

"Pencemaran udara mengakibatkan langit di atas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi," sambung Kapolres Djoko.

Mantan Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Jatim itu juga mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pihaknya merupakan instruksi langsung dari Kapolri, Jenderal Idham Azis.

"Tujuannya yakni sebagai upaya Polri dalam mencegah dan ikut berpartisipasi untuk mencegah alam," terang Kapolres Djoko.

Selain itu, penanaman 1000 bibit pohon tersebut dilakukan untuk mencegah tanah longor memasuki musim penghujan, serta untuk mengurangi polusi udara.

Tentu saja, adanya penanaman bibit pohon tersebut diharapkan Kapolres Djoko dapat memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

"Gerakan Polri peduli penghijauan ini merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang dilakukan secara serentak dan berkesinambungan di seluruh Indonesia," jelas dia.

Di samping itu, adanya penanaman pohon tersebut diharapkan pula bisa memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering, sekaligus untuk membangun kesadaran masyarakat agar ikut serta menanam pohon dan merawatnya.

"Kegiatan hari ini selain untuk penghijauan di lingkungan Polres Pamekasan dan Asrama Polri, ke depannya direncanakan untuk melakukan penghijauan di lingkungan masyarakat," ujar Kapolres Djoko.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Pamekasan untuk menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing, agar sirkulasi udara di sekitar rumah akan menjadi lebih segar.

"Semoga penanaman 1000 bibit pohon dengan berbagai jenis ini bisa memberikan motivasi dan pemahaman bagi semua masyarakat bahwa menanam pohon adalah hal yang sangat penting dan dapat bermanfaat bagi generasi yang akan datang," harap Kapolres. (Ir/Fiq)

TerPopuler