Kunker ke Pamekasan, Ini Dua Tujuan Komandan Lanal Batuporon -->

Kunker ke Pamekasan, Ini Dua Tujuan Komandan Lanal Batuporon

Jumat, 17 Januari 2020, 5:26 PM
loading...
Kunker ke Pamekasan, Ini Dua Tujuan Komandan Lanal Batuporon
Komandan Lanal Batuporon, Letkol Dodi Hermanto M.Tr Hanla tukar cenderamata dengan Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja'e saat Kunker, Jumat (17/01/2020). (Foto for E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Komandan Lanal Batuporon, Letkol Laut Dodi Hermanto M.Tr Hanla melakukan kunjungan kerja (Kunker) sekaligus silaturahmi ke KH. Lutfi Syakur di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Kunjungan ke Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ikhlas di Desa Klampar, Kecamatan Proppo tersebut kemudian dilanjutkan ke Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam, S.Psi yang diwakili oleh Wakil Bupati H. Raja'e, S.H.I.

Letkol Dodi beserta rombongan tiba di Ponpes Al-Ikhlas pada Jumat (17/01/2020) pagi dan langsung ke kediaman KH. Lutfi Syakur didampingi Pasintel Kapten Laut Achmad.

Setelah itu, rombongan menuju ke Mandhapa Agung Ronggosukowati disambut oleh Kasatpol PP Pamekasan, Masrukin bersama Sekretaris Pol PP, Kusyairi, dan bertemu langsung dengan Wakil Bupati H. Raja'e.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Kasatpol PP Masrukin memaparkan batas-batas geografis Pamekasan dari sisi laut, juga beberapa hal penting lainnya.

Kabupaten Pamekasan, kata dia, mempunyai batas Utara Laut Jawa, dan Selatan laut Selat Madura Sampang. Beberapa tempat Ibadah berdiri dengan damai, seperti, Wihara, Klenteng dan Gereja.

"Masyarakat Pamekasan mayoritas petani dan nelayan, juga banyak yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di berbagai negara," sambut Kasatpol PP, Masrukin.

Sementara itu, Komandan Lanal Batuporon mengucapakan terima kasih kepada Wakil Bupati Pamekasan dan jajarannya atas penyambutan di Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan.

"Ini adalah kali pertama dalam bentuk silaturahmi sejak Sertijab Komandan Lanal Batuporon Madura," ucap Letkol Dodi.

Sebelumnya, sertijab Komandan Lanal Batuporon Madura dari pejabat lama ke Letkol Dodi dilaksanakan pada tanggal 02 Januari 2020 lalu.

Lanal Batuporon sendiri memiliki perwakilan di perbatasan antara Sampang dan Pamekasan, tepatnya di Camplong.

"Kalau seandainya nanti di Pamekasan ada lahan kosong untuk pengamanan tentang Laut yang dapat kita pergunakan, kami bisa adakan personel," ungkap Letkol Dodi.

Bahkan, komandan Lanal Batuporon itu menegaskan, pihaknya akan bantu untuk mengamankan perairan Pamekasan, juga berkunjung ke beberapa rumah anggota, namun tidak bermalam.

"Jika nanti di sini ada kegiatan besar dan kami diberi info, pasti kami akan datang. Karena Perwakilan Lanal Batuporon tersebar di beberapa wilayah di Madura, seperti Posal dan Pos Kamladu," terang Letkol Dodi.

Pada kesempatan berikutnya, Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja'e menyambut dengan rasa hormat, karena kunjungan Lanal Batuporon itu merupakan kali pertama.

Menurut Wabup, kunker itu merupakan bentuk silaturrahmi, bisa saling koordinasi dan siap bantu serta memfasilitasi, Kabupaten Pamekasan yang hampir 37% ditopang dari sektor petani dan nelayan.

"Kalau Pos Camplong ditarik ke Pamekasan  dipersilakan. Kami mengikuti petunjuk instruksi Presiden untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ucap Raja'e.

Ia menjelaskan bahwa Pamekasan diapit dua kabupaten, yaitu Sampang dan Sumenep. Pemerintah Kabupaten Pamekasan terbuka bagi komandan dan seluruh pasukan untuk berkoordinasi model kerja sama.

"Atas nama Pemkab Pamekasan kami mengucapkan terima kasih dan mohon maaf karena Bapak Bupati Pamekasan tidak bisa menemui lantaran ada tugas mendadak yang tak bisa diwakilkan," pungkas Raja'e.

Kunjungan diakhiri dengan saling tukar cenderamata antara Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut Dodi Hermanto dengan Wabup Raja'e, sekaligus foto bersama.

Komandan Lanal Batuporon beserta rombongan kemudian mengunjungi rumah anggota Lanal Batuporon, Kopda Kom Taufikurrahman dan shalat Jumat di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan.

Rute kunker terakhir yaitu menuju Pos Kamladu Camplong, Sampang, dan bertemu dengan Koordinator Pos Kamladu Camplong, Pelda Saa Agus Jayadi Bahri. (Ir/Fiq)

TerPopuler