Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes, Cara Pemkab Dorong Ekonomi Lokal -->

Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes, Cara Pemkab Dorong Ekonomi Lokal

Minggu, 24 November 2019, 10:29 AM
loading...

Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes 2019
Foto bersma Sekda Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, Pimpinan BRI Cabang Sumenep, Hadi Sasongko, dan Pimpinan BRI Wilayah Surabaya bersama penerima bantuan, Sabtu (23/11/2019) malam. (Foto RK/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sumenep menggelar kegiatan Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes selama dua hari dari Sabtu-Minggu (23-24/11/2019). Selain menghibur masyarakat, kegiatan yang berpusat di sisi timur Taman ‘Potre Koneng’ (Adipura) tersebut bertujuan mendongrak perekonomian lokal di Kota Keris.

Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes dibuka oleh Bupati Sumenep yang diwakili Sekretaris Daerah, Edy Rasiyadi, Sabtu (23/11/2019) malam. Acara tersebut juga dihadiri Pimpinan BRI Wilayah Surabaya, pimpinan beserta karyawan BRI Cabang Sumenep, jajaran Forkopimda, pimpinan OPD, dan camat se-Kabupaten Sumenep, serta pelaku usaha kecil dan menengah.

Sejumlah bantuan sosial bagi para pelaku usaha, bantuan bedah rumah dan santunan anak yatim diserahkan oleh Sekda Edy bersama Pimpinan BRI Wilayah Surabaya. Wajah-wajah para penerima bantuan itu pun tampak sumringah saat melakukan sesi foto bersama.

Sekda Sumenep, Edy Rasiyadi, saat membacakan sambutan Bupati Busyro mengatakan, kegiatan Sumenep Vaganza yang digelar bersama Pesta Rakyat Simpedes merupakan salah satu rangkaian Visit Sumenep 2019. Malalui kegiatan tersebut, sejatinya pemerintah daerah berharap dapat meningkatkan pembangunan di segala aspek, khususnya peningkatan kunjungan di sektor pariwisata.

Digelarnya Sumenep Vaganza dan Pesta rakyat Simpedes, kata Sekda, akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dan guna mengangkat citra pariwisata. Di mana dua hal itu, yakni perekonomian dan pariwisata merupakan salah satu target daripada program Visit Sumenep 2019.

“Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes ini dapat mengangkat ekonomi lokal masyarakat Sumenep,” kata Sekda Edy Rasiyadi, Sabtu (23/11/2019) malam.

Selain itu, Sumenep Vaganza dan Pesta Rakyat Simpedes juga merupakan wadah motivasi antara pemerintah dan masyarakat Sumenep dalam membangun Kota Keris. Sebab, kata Sekda Edy, membangun Sumenep adalah tanggung jawab bersama.

“Setiap kegiatan Visit Sumenep 2019 yang salah satunya Pesta Rakyat Simpedes ini dapat mengangkat potensi wisata Sumenep sebagai penunjang peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Sumenep, Didik Wahyudi, menyebut kegiatan Sumenep Vaganza sebagai upaya pemerintah untuk memfasilitasi terciptanya perpaduan bisnis dan penjualan secara langsung. Tentu saja, hal itu bertujuan meraih peluang usaha dan meningkatkan perekonomian para pelaku usaha, UMKM dan Koperasi serta pelaku usaha lainnya.

“Pesta rakyat ini merupakan bagian dari serangkaian Visit Sumenep 2019 diharapkan mampu menarik wisatawan agar lebih sering berkunjung ke Kabupaten Sumenep,” kata Didik yang menjadi penanggung jawab pelaksana kegiatan.

Menurutnya, ada tiga tujuan dalam kegiatan tersebut. Yaitu untuk meningkatkan pendapatan bagi para pelaku usaha, juga sebagai cara pemerintah menghantarkan para pelaku usaha meraih peluang.

“Termasuk meningkatkan minat investor dan animo wisatawan untuk berkunjung ke Sumenep, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Sementara Kepala BRI Cabang Sumenep, Hadi Sasongko menjelaskan, kegiatan Pesta Rakyat Simpedes 2019 yang terselenggara di Sumenep selama dua hari merupakan salah satu kegiatan Bank BRI dari 100 titik kegiatan yang terselenggara di seluruh Indonesia.

“Semoga dengan Pesta Rakyat Simpedes ini dapat memberikan kegembiraan dan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Sumenep,” kata Hadi ketika sambutan, Sabtu (23/11/2019) malam.

Pihaknya berharap berbagai kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut mampu meningkatkan usaha ekonomi produktif, karena bazar jajanan tradisional yang dikemas dengan ‘pojok kuliner’ disajikan untuk memanjakan para pengunjung.

“Setiap pengunjung disajikan bazar jajanan tradisional. Selain itu juga ada rangkaian lomba sebagai aspek sarana edukatif, termasuk pula ada penyerahan sejumlah bantuan sosial bagi para pelaku usaha, termasuk bantuan bedah rumah sebagai program peduli BRI dan santunan kepada anak yatim,” terang Hadi. (RK/Fiq/*)

TerPopuler