Belasan Kesenian Khas Sumenep Akan Disajikan di Sumenep Spektakuler, Yuk Jangan Lewatkan! -->

Belasan Kesenian Khas Sumenep Akan Disajikan di Sumenep Spektakuler, Yuk Jangan Lewatkan!

Selasa, 26 November 2019, 6:50 PM
loading...
Belasan Kesenian Khas Sumenep Akan Disajikan di Sumenep Spektakuler, Yuk Jangan Lewatkan!
Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menggelar Sumenep Spektakuler bertajuk ‘Sumenep Rumah Seni Budaya, Sumenep Rumah Kita’ pada Rabu (27/11/2019) malam nanti. (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar Sumenep Spektakuler bertajuk ‘Sumenep Rumah Seni Budaya, Sumenep Rumah Kita’ pada Rabu (27/11/2019) malam.

Event yang bakal dipusatkan di Taman Potre Koneng yang diprakarsai Disparbudpora, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan merupakan salah satu dari puluhan rangkaian agenda Visit Sumenep 2019.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Carto menjelaskan, agenda Sumenep Spektakuler bakal menampilkan belasan kesenian khas Sumenep di sepanjang jalan dari Labang Mesem Keraton Sumenep hingga tengah-tengah Taman Adipura.

“Kurang lebih ada 16 kesenian yang akan kita tampilkan. Di antaranya, Ketoprak, Saronen, Hadrah, Membatik, Mocopat, Kerawitan, dan lain lain,” terang Carto, Selasa (26/11/2019).

Tapi, para pengunjung dan wisatawan nanti tidak hanya dapat menonton kesenian. Mereka juga bisa sambil belajar kesenian yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Ini kan sifatnya edukasi, ya siapa saja yang lewat di situ bisa belajar, ada saronen, masyarakat pengen belajar silahkan bareng di situ,” kata Carto.

Menurut dia, event tersebut bisa menarik masyarakat atau wisatawan untuk datang menonton seni. Karena mereka bisa secara langsung belajar beragam kesenian khas Sumenep.

“Minimal akan menjadi daya tarik, jadi seni seni kita bisa mengajarkan kepada siapa saja yang hadir. Tidak hanya jadi penonton tapi dia jadi pelaku,” tutur Carto.

Untuk para pengunjung dan wisatawan nanti, Carto mengaku telah mempersiapkan para seniman, agar dapat memberikan bimbingan lebih mendalam seputar kesenian khas Sumenep yang akan ditampilkan di Sumenep Spektakuler.

“Malam itu kita siapkan orang orang yang bisa memandu. Ilustrasinya apa di situ, jadi yang mau belajar silahkan, kita arahkan,” ungkapnya. (RK/Fiq/*)

TerPopuler