Gelar Istighotsah dan Pengajian Akbar, Bupati Busyro Berharap Perbedaan Pandangan Jadi Pemersatu NKRI -->

Gelar Istighotsah dan Pengajian Akbar, Bupati Busyro Berharap Perbedaan Pandangan Jadi Pemersatu NKRI

Rabu, 09 Oktober 2019, 11:06 PM
loading...
Gelar Istighotsah dan Pengajian Akbar, Bupati Busyro Berharap Perbedaan Pandangan Jadi Pemersatu NKRI
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim ketika memberikan sambutan pada acara Istighotsah dan Pengajian Akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di halaman Masjid Jamik. (Foto IST/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Istighotsah dan Pengajian Akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriyah dengan tema 'Merawat Keberagaman Meneguhkan NKRI', Rabu (09/10/2019) malam.

Kegiatan yang digelar di depan Masjid Jamik Sumenep dengan mendatangkan penceramah KH. Achmad Muwafiq, S.Ag yang populer dengan sebutan Gus Muwafiq dari Sleman, Yogyakarta itu, berhasil menyedot ribuan masyarakat.

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim ketika sambutan mengajak semua hadirin berdoa dan berharap perbedaan pandangan di tengah-tengah masyarakat menjadi pemersatu untuk menjaga keutuhan NKRI, sehingga Indonesia tetap jaya.

"Untuk itu, kita harus merawat keberagaman dan menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Ketika terdapat perbedaan pandangan di tengah masyarakat, Bupati Busyro meminta jangan sampai menimbulkan perpecahan, apalagi terjadi perang saudara yang bisa menyebabkan kehancuran NKRI. Sebab, dampaknya sangat merugikan masyarakat.

“Kalau bangsa dan negara ini runtuh sangat mahal harganya, karena semuanya harus memulai dari awal lagi. Bahkan masyarakat sangat sulit bisa menikmati pembangunan bangsa seperti yang kita rasakan saat ini, jika bangsa dan negara hancur,” ungkapnya.

Tak lupa, Bupati yang juga pengsuh Ponpes Al Karimiyyah Beraji Gapura itu menyampaikan terima kasih kepada Gus Muwafiq yang telah hadir untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan ceramahnya bermanfaat bagi masyarakat Sumenep," harap Bupati Busyro.

Selain Bupati, hadir pula pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi bersama istrinya, Nia Kurnia; Ketua TP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro; Sekdakab Sumenep, Edy Rasiyadi bersama istrinya, Chusnul Khotimah.

Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep juga terlihat hadir, termasuk para Camat se-Kabupaten Sumenep, alim ulama serta tokoh agama dan para kiai.

Sementara Gus Muwafiq dalam tausiyahnya menyampaikan, umat Islam di Indonesia harus cinta dan yakin bahwa agama Islam adalah agama untuk pemersatu bangsa dan menciptakan kerukunan antar manusia.

“Keberagaman umat beragama di Indonesia itu merupakan keindahan untuk bisa saling menghargai dan menghormati,” pesannya. (RK/Fiq/*)

TerPopuler