Penuh Sesak dengan Ratusan Panther, Event 'Abantal Omba' Asapo' Angin' di Pantai Lombang Sajikan Atraksi Seni dan Budaya -->

Penuh Sesak dengan Ratusan Panther, Event 'Abantal Omba' Asapo' Angin' di Pantai Lombang Sajikan Atraksi Seni dan Budaya

Minggu, 22 September 2019, 2:05 PM
loading...
Penuh Sesak dengan Ratusan Panther, Event 'Abantal Omba' Asapo' Angin' di Pantai Lombang Sajikan Atraksi Seni dan Budaya
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi berada di antara ratusan mobil Isuzu Panther pada event 'Abantal Omba' Asapo' Angin' di Pantai Lombang, Batang-Batang. (Foto IST/E-KABARI) 

SUMENEP, E-KABARI.COM - Hari ini, Minggu (22/9/2019), Pantai Lombang di Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura, Jawa Timur penuh Sesak dengan ribuan orang dan ratusan mobil Isuzu Panther.

Tak heran, di lokasi wisata pantai kebanggaan Sumenep itu tengah digelar event "Abantal Omba' Asapo' Angin" dalam rangka Hari Perhubungan Nasional dan Visit Sumenep 2019.

Berbagai atraksi seni dan budaya, seperti Saronen dan Ul-daul, yang ditampilkan dalam event tersebut menjadi pusat perhatian para pengunjung yang terdiri dari warga lokal maupun pecinta mobil Isuzu Panther Madura dan seluruh Nusantara.

Sebab selain merupakan puncak dari event "Abantal Omba' Asapo' Angin" yang dikemas dengan pesta budaya, hari ini Isuzu Panther Community Indonesia (IPCI) Madura Raya menggelar Deklarasi dan 2th Anniversary.

Apalagi, dalam event yang digelar Pemkab Sumenep melalui Dinas Perhubungan itu juga menghadirkan sosok budayawan nasional asal Sumenep, Madura, D. Zawawi Imron.

Otomatis, orasi budaya dari penyair Si Celurit Emas itu menjadi magnet bagi para pengunjung yang hadir. Uniknya lagi, sebelum orasi, acara inti diawali dengan pembacaan shalawat.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ketika sambutan menyampaikan apresiasi terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep. Pasalnya, dinas yang baru dipimpin Agustiono Sulasno itu mempersembahkan dua kado istimewa.

"Di momen Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 ini Kabupaten Sumenep mendapatkan dua kado istimewa, yaitu penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan dan penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep menuju ke Kepulauan Pagerungan," ujar Fauzi.

Tentu saja mendapatkan dua kado tersebut tidak mudah dan penuh dengan perjuangan. Sehingga, filosofi orang Madura "Abantal Omba' Asapo' Angin" yang merepresentasikan kegigihan dan perjuangan dinilai cocok untuk menggambarkan apa yang dilakukan Dinas Perhubungan.

“Kegigihan Dinas Perhubungan untuk mensukseskan penerbangan dari Bandara Trunojoyo Sumenep menuju lapangan terbang Kepulauan Pagerungan, Kecamatan Sapeken cocok dengan filosofi Madura ini," ungkapnya.

Tak lupa, Fauzi panjang lebar membeber destinasi wisata Sumenep kepada para pengunjung, khusunya anggota IPCI yang datang dari seluruh Nusantara. Juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpertisipasi mensukseskan event tersebut, termasuk dari pihak IPCI.

"Semoga betah dan bisa menikmati sajian wisata yang ada di Pantai Lombang," ucap suami Nia Kurnia itu.

Ketua IPCI Madura Raya, Anton Budi Muliyanto pun menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Sumenep, sehingga acara yang digelar pihaknya bersamaan dengan event "Abantal Omba' Asapo' Angin" tersebut bisa sukses.

"Demi memeriahkan acara ini, kami mengundang para pecinta Isuzu Panther dari berbagai daerah. Tidak hanya di Madura, tapi ada Jakarta dan Bali," ujar Anton.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Agustiono Sulasno mengungkapkan, event "Abantal Omba' Asapo' Angin" tak hanya merupakan puncak daripada acara Peringatan Hari Perhubungan Nasional semata.

"Event ini merupakan ajang menggali potensi budaya dan potensi wisata yang tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Sumenep," ujar Agus, singkat. (RK/Fiq/*)

TerPopuler