Dua Siswa SMAN 1 Talang Ubi Raih Prestasi di Tingkat Nasional -->

Dua Siswa SMAN 1 Talang Ubi Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Sabtu, 31 Agustus 2019, 9:11 AM
loading...
Dua Siswa SMAN 1 Talang Ubi Raih Prestasi di Tingkat Nasional
Figo Dwi Purnama dan Yolanda Eka Pratiwi, dua siswa SMAN 1 Talang Ubi, Kabupaten PALI yang meraih prestasi Tingkat Nasional di ajang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Foto Madhon/E-KABARI)

PALI, E-KABARI.COM - Guna menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB, keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat.

Kementerian BUMN bekerja sama dengan IPC Pelindo, PTPN 7, Perum Perumnas, Garuda Indonesia, dan PT Angkasa Pura II mengadakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, yang mengantarkan dua siswa SMAN 1 Talang Ubi, Kabupaten PALI menyabet Juara Tingkat Nasional.

Kegiatan dan proses seleksi yang cukup ketat, mulai dari administrasi, essai, tes pengetahuan umum, tes unjuk bakat dan tes wawancara dalam SMN itu berlangsung selama dua hari pada tanggal 17-18 Juli 2019 lalu di Hotel All Nite & Day Jalan Veteran Palembang.

Ajang bergengsi tersebut diikuti oleh 58 siswa-siswi terbaik perwakilan Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Kemudian, terpilih 20 siswa yang berhak mewakili Sumatera Selatan untuk pertukaran budaya ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada bulan Agustus ini.

Dari 20 siswa yang terpilih itu, dua di antaranya adalah siswa SMAN 1 Talang Ubi bernama Figo Dwi Purnama, siswa kelas XI MIPA 1 yang berhasil menyabet Juara 3 Best Participant beserta Yolanda Eka Pratiwi dengan nominasi 10 besar Best Participant dan terpilih menjadi Culture Performer di Jakarta dan Palangkaraya.

Atas prestasi tersebut, Figo mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Ir. H. Heri Amalindo, MM yang senantiasa mendukung kegiatan generasi muda di Kabupaten PALI agar mampu bersaing di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Ucapan terima kasih juga Figo sampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, dan Kepala SMAN 1 Talang Ubi beserta jajaran dewan guru yang telah mendukung dia dan rekannya dalam mengikuti ajang SMN.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bupati PALI H. Heri Amalindo yang selalu mendukung dan menyupport kegiatan ini, sehingga kami dapat bersaing dengan siswa lain di kancah Nasional," ungkapnya, Jumat (30/08/2019) kemarin.

Sementara itu, Yolanda berharap melalui program tersebut semakin bisa menambah bekal kemampuannya di bidang pendidikan, sosial budaya, ekonomi, sampai dunia entrepreneur. Ia juga senang mendapatkan banyak teman baru berkat program SMN.

"Kami berdua berharap di tahun-tahun yang akan datang lebih banyak lagi putra-putri terbaik PALI yang dapat ikut serta di ajang-ajang unjuk prestasi lainnya, sehingga Kabupaten PALI akan semakin terkenal baik di tingkat Provinsi maupun Nasional," harap Yolanda.

Di tempat yang sama, Ranita Sari, S.Pd.Gr selaku guru pembimbing mengatakan, capaian dua siswanya adalah suatu prestasi yang membanggakan, baik untuk sekolah maupun bagi Kabupaten PALI. Sehingga, ia berharap hal itu dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya dalam hal berkarya dan mengharumkan nama Kabupaten PALI.

"Ini adalah suatu prestasi yang membanggakan, karena ternyata walaupun kita dari daerah, tapi kita mampu bersaing di tingkat Nasional. Semoga ini adalah suatu hal yang dapat dicontoh oleh para siswa lain maupun sekolah lain yang ada di Kabupaten PALI untuk terus berprestasi," ucap Ranita.

Hal yang sama pun diungkapkan Kepala SMAN 1 Talang Ubi, Jainul Abidin, S.Pd., M.Pd. Ia berharap prestasi Figo dan Yolanda dapat menjadi contoh bagi siswa lain, karena di ajang SMN siswa dapat mengeluarkan semua karya dan kreatifitasnya.

"Saya selaku kepala sekolah merasa ini adalah hal yang positif dan membanggakan bagi sekolah dan Kabupaten PALI, karena dengan seleksi yang cukup ketat mereka dapat berhasil terpilih mewakili Provinsi Sumatera Selatan dan berhasil pulang dengan membawa prestasi," tuturnya. (Madhon/Fiq)

TerPopuler