Recommended, Eksotika Gua Soekarno Akan Membuat Pengunjung Melongo -->


Recommended, Eksotika Gua Soekarno Akan Membuat Pengunjung Melongo

Minggu, 09 Juni 2019, 8:18 PM
loading...
Gua Soekarno Sumenep. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali memiliki objek wisata yang eksostis. Objek wisata ini wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur atau sekadar mampir ke Kabupaten Sumenep.

Destinasi wisata teranyar tersebut adalah Gua Soekarno yang berada di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan.

Gua Soekarno berada di lahan seluas 5.000-an meter dan menyuguhkan pemandangan yang eksostis, seperti stalaktit dan stalagmit yang disorot dengan lighting yang sangat indah.


Sampai secara resmi dibuka pada Sabtu (08/06/2019) kemarin, objek wisata Gua Soekarno masih belum diketahui orang banyak. Hal itu wajar karena memang baru ditemukan satu tahun lalu.

Jika berkunjung ke Gua Soekarno, pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas. Mulai dari spot foto yang instagramable, kids area, kafe dan lounge yang ada di dalam gua.

Pengelola Gua Soekarno Sumenep, Syaiful Anwar mengungkapkan, para pengunjung harus menjaga kebersihan objek wisata itu.

“Gak ada persyaratan khusus kok. Hanya yang perlu diperhatikan jangan membuang sampah sembarangan. Ada area khusus untuk merokok dan kami menghormati kearifan budaya lokal,” terangnya, Minggu (09/06/2019).

Tidak hanya menjaga kebersihan, pengunjung juga diharuskan menjaga adat dan kesopanan. Terutama bagi pengunjung wanita disarankan Anwar tidak mengenakan bawahan pendek.

“Lebih elok kalau mengenakan pakaian bebas tapi sopan,” imbuhnya.

Gua Soekarno Sumenep dibuka selama 9 jam setiap hari. Wisatawan bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. (Ras/Rif)

TerPopuler