DPRD Sumenep Berencana Bikin Perda Perlindungan Nelayan dan Ekosistem Laut -->

DPRD Sumenep Berencana Bikin Perda Perlindungan Nelayan dan Ekosistem Laut

Rabu, 19 Juni 2019, 2:11 PM
loading...
Ilustrasi nelayan sedang menangkap ikan
Ilustrasi nelayan sedang menangkap ikan. (Foto Ist/Net)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur berinisiatif membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan terhadap Nelayan dan Ekosistem Laut.

Hal itu sebagi respon serius atas maraknya alat tangkap ikan terlarang seperti Cantrang atau yang sudah dimodifikasi menjadi Sarka', yang meresahkan para nelayan.

"Sebagai solusi jangka panjang untuk melindungi nelayan dan biota laut, DPRD  berencana menginisiasi untuk membuat Perda Perlindungan Nelayan dan Ekosistem Laut Sumenep," ungkap anggota Komisi II DPRD Sumenep, Suharinomo, Rabu (19/06/2019).

Raperda yang sempat didiskusikan di Komisi II sekitar dua minggu lalu tersebut dinilai sangat penting, mengingat persoalan demi persoalan yang berkenaan dengan nelayan dan laut kerap terjadi. Sehingga, pihak legislatif berupaya mencari cara untuk memberikan perlindungan kepada nelayan dan laut.

"Rencana kami, di dalam Perda itu nantinya poin pentingnya berkenaan dengan biota laut supaya tidak rusak, tetapi nelayan tetap bisa sejahtera dengan menangkap ikan sebagai penghasilan utamanya. Dengan kata lain keduanya sama-sama terlindungi," jelas Suharinomo.

Namun sejauh ini, rencana bikin Perda tersebut belum memiliki langkah konkret. Hanya saja, Suharinomo berjanji akan mendiskusikan lagi isi Perda itu, termasuk mencari referensi daerah yang sudah memiliki Perda tersebut.

Untuk diketahui, Sumenep terdiri dari 126 pulau dengan luas laut sekitar 50.000 km2. Berdasarkan data di Dinas Perikanan Sumenep, jumlah nelayan mencapai 41 ribu.


Sementara, akhir-akhir ini nelayan yang menggunakan alat tangkap Sarka' marak beroperasi di perairan Pulau Poteran atau Kecamatan Talango. Jika terus dibiarkan, hal itu akan mengancam kondisi ekosistem laut. (RK/Fiq)

TerPopuler