Bupati Busyro Kunjungi Korban Laka Laut Kapal Arin Jaya -->


Bupati Busyro Kunjungi Korban Laka Laut Kapal Arin Jaya

Selasa, 18 Juni 2019, 1:46 PM
loading...
Bupati Busyro Karim mencium bayi berusia 9 bulan yang selamat dalam laka laut Kapal Arin Jaya di antara perairan Giliyang-Sepudi
Bupati Busyro Karim mencium bayi berusia 9 bulan yang selamat dalam laka laut Kapal Arin Jaya di antara perairan Giliyang-Sepudi. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim bersama Kapolres dan Komandan Kodim 0827 Sumenep mengunjungi korban selamat laka laut Kapal Arin Jaya yang dirawat di Puskesmas Dungkek, Selasa (18/06/2019).

Dari Puskesmas Dungkek, Bupati bersama rombongan bertolak ke RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk melihat korban yang telah meninggal dunia dalam laka laut di antara perairan Giliyang-Sepudi itu.

Usai kunjungan, Bupati Busyro menyampaikan, penumpang selamat berjumlah 39 orang, penumpang meninggal berjumlah 16 orang, dan 5 orang masih dalam proses pencarian. Semua penumpang, kata dia, berjumlah 60 orang.

"Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Polres Sumenep, Kodim Sumenep, dan Basarnas, beserta semua pihak telah mengambil langkah-langkah untuk penyelamatan, evakuasi dan semacamnya. Kalau tadi malam korban meninggal 2 orang, pada pagi ini sudah menjadi 16 orang yang dievakuasi," tuturnya, Selasa (18/06/2019) siang.

Suami Nurfitriana itu menyatakan, Pemkab Sumenep akan terus melakukan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Bagi penumpang selamat akan diberikan bantuan-bantuan yang meringankan bebannya. Sementara ini sudah 7 orang yang mau ditampung Dinas Sosial, sedangkan sisanya ikut kerabat yang ada di Sumenep.

"Langkah yang didahulukan pada hari ini sampai besok adalah mengembalikan korban meninggal kepada keluarganya dengan menunggu peti dari Surabaya. Informasi terakhir dari BMKG kira-kira aman untuk diberangkatkan, dan terkait dengan kapal yang akan mengangkut jenazah sudah siap," terang Bupati.

Berdasarkan peristiwa ini, ia pun mengimbau kepada masyarakat pemilik kapal untuk mengutamakan keselamatan penumpang dengan membawa pelampung yang telah lama diberikan melalui bantuan Pemkab Sumenep.

Meskipun masyarakat pemilik kapal tetap tidak membawa pelampung dengan alasan lebih baik diisi penumpang, Bupati Busyro melalui Pemerintah Daerah tidak jenuh-jenuh untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan perjalanan laut, terutama di waktu-waktu cuaca ekstrem.
 
"Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, saya menyampaikan bela sungkawa kepada para korban kecelakaan laut yang menimpa warga Guwa-Guwa, Kecamatan Raas. Semoga yang ditimpa musibah diberi kesabaran," pungkasnya. (RK/Fiq)

TerPopuler