Ramadan 1440 Hijriah, Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Bazar Takjil 2019 -->


Ramadan 1440 Hijriah, Pemkab Sumenep Gelar Gebyar Bazar Takjil 2019

Senin, 06 Mei 2019, 7:51 PM
loading...
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat sambutan sebelum membuka Gebyar Bazar Takjil Ramadan 1440 Hijriah/2019
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat sambutan sebelum membuka Gebyar Bazar Takjil Ramadan 1440 Hijriah/2019. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Memasuki hari pertama bulan Ramadan 1440 Hijriah, Senin (06/05/2019), Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Gebyar Bazar Takjil 2019.

Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim secara resmi membuka Gebyar Bazar Takjil yang berlokasi di depan Labang Mesem Keraton Sumenep tersebut pada sore jelang buka puasa.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Sumenep itu menyampaikan, Gebyar Bazar Takjil Ramadhan 1440 Hijriah tersebut digelar dalam rangka membuka ruang kepada masyarakat Sumenep, khususnya para pedagang.

"Pentingnya Gebyar Takjil Ramadhan ini pada masyarakat adalah rangka pemberdayaan perempuan, terutama pedagang kecil yang ada di Sumenep,” terang Bupati Busyro.

Melalui bazar itu pula, produk kuliner masyarakat Sumenep bisa dipromosikan sekaligus disalurkan. Sehingga, digelarnya bazar tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Saya harapkan pernah rumah makan jangan berjualan di bazar Ramadan. Alasannya kegiatan ini khusus untuk pedagang kecil atau PKL saja," tegas Bupati Busyro.

Suami Nurfitriana itu menceritakan, waktu dirinya berada di Mesir banyak warung-warung kecil seperti yang sudah ditulis dengan tulisan Al Maidha yang artinya sajian. Warung-warung tersebut, kata dia, ternyata milik orang-orang kaya yang sengaja menyumbangkan terhadap orang yang membutuhkan.

"Di Masjidil Haram sudah biasa kalo saat seperti ini sebelum Magrib orang-orang kaya tersebut sudah memberikan sumbangan Takjil kepada masyarakat yang ada di masjid,” tuturnya.

Karena itu, Bupati Busyro berharap para pedagang Bazar Takji Ramadhan ini nantinya banyak yang laris. Karena meski tak disediakan sebagaimana di Mesir, keberadaan bazar sudah memudahkan bagi para pemburu takjil di bulan Ramadan.

"Semoga ke depannya, Bazar Takjil Ramadhan selalu ramai dengan pengunjung,” tandasnya.

Untuk diketahui, Bazar Takjil Ramadan di Sumenep dilaksanakan mulai tanggal 6-25 Mei 2019. Lokasinya di sepanjang Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep. (Rif/Fiq)

TerPopuler