Jelang Bulan Puasa Ramadhan, Pengunjung Lapas Kelas IIA Pamekasan Membeludak -->


Jelang Bulan Puasa Ramadhan, Pengunjung Lapas Kelas IIA Pamekasan Membeludak

Sabtu, 04 Mei 2019, 1:48 PM
loading...
Antrean pengunjung di Lapas Kelas IIA Pamekasan, Sabtu (04/05/2019)
Antrean pengunjung di Lapas Kelas IIA Pamekasan, Sabtu (04/05/2019). (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Bulan Puasa yang kurang dua hari lagi menyebabkan pengunjung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur, membeludak tidak seperti hari-hari biasanya. Hal tersebut sebagaimana dituturkan Kalapas IIA Pamekasan, M. Hanafi, Sabtu (04/05/2019).

"Iya, benar pengunjung pada hari ini sekitar 700 pengunjung. Yang hari-hari biasa hanya berkisaran sekitar 300 pengunjung, namun hari ini bertambah," kata M. Hanafi, saat ditemui di ruang kerjanya.

Hanafi menduga, bertambahnya pengunjung pada hari ini dikarenakan mendekati bulan Puasa. Banyak keluarga yang ingin berkunjung ke tahanan untuk menjenguk, karena di awal-awal Ramadhan nanti akan lebih sibuk.

"Mungkin keluarga mereka sempatnya hari ini, karena besok mereka harus menyiapkan keperluan puasa di hari pertama. Jadi, itu yang menyebabkan membeludaknya pengunjung di Lapas Kelas IIA ini," terangnya.

Untuk pendaftaran pengunjung, sambung Hanafi, pihaknya memiliki peraturan baru yang berlaku sejak dua bulan lalu. Semua pengunjung harus menyertakan KTP masing-masing, tidak cukup hanya satu KTP seperti peraturan sebelumnya.

"Jumlah pengunjung kami batasi maksimal lima orang. Kalau jam berkunjung tetap tidak ada perubahan, yaitu buka pukul 09:00 WIB dan tutup pukul 12:00 WIB," tuturnya.

Kalapas Kelas IIA Pamekasan, M. Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya
Kalapas Kelas IIA Pamekasan, M. Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya. (Foto Ir/E-KABARI)

Ditanya soal kegiatan di bulan Ramadhan untuk para tahanan, Hanafi menjelaskan sudah ada program-program yang akan dilaksanakan. Antara lain ada tarawih, tadarus bersama, dan pengajian-pengajian yang sudah dijadwalkan oleh Departemen Kementerian Agama.

"Dan juga ada salah satu yayasan yang ada di Pamekasan turut serta nantinya membantu, mendatangkan sekitar lima puluh orang dari luar untuk mengikuti dan meramaikan kegiatan yang kami adakan," imbuhnya.

Sementara itu, ditemui terpisah, Ana (38), salah satu pengunjung asal Kelurahan Kowel membenarkan bahwa pengunjung Lapas Kelas IIA Pamekasan pada hari ini sangatlah banyak.

"Saya berangkat dari rumah pukul 09:00 WIB dan dapat antrean dengan nomor 142. Pukul 12:00 WIB saya baru bisa masuk," tuturnya.

"Gak biasanya antri lama kayak gini, mungkin mau bulan puasa, jadi pada jenguk semua," imbuh Ana. (Ir/Fiq)

TerPopuler