Gebyar Budaya Madura 2019, Polda Jatim Gelar Karapan Sapi se-Madura -->

Gebyar Budaya Madura 2019, Polda Jatim Gelar Karapan Sapi se-Madura

Sabtu, 23 Maret 2019, 5:06 PM
loading...
Kapolda Jatim Irjen Polisi Drs. Luki Hermawan M. Si saat melihat Sape Sonok yang memeriahkan Lomba Karapan Sapi dalam rangka Gebyar Budaya Madura 2019
Kapolda Jatim Irjen Polisi Drs. Luki Hermawan M. Si saat melihat Sape Sonok yang memeriahkan Lomba Karapan Sapi dalam rangka Gebyar Budaya Madura 2019. (Foto Ir/E-KABARI)

PAMEKASAN, E-KABARI.COM - Dalam rangka Gebyar Budaya Madura 2019, Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Drs. Luki  Hermawan M.Si. menggelar lomba Karapan Sapi Kapolda Cup Jawa Timur 2019 se-Madura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Stadion R Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan, dengan tema 'Mewujudkan Generasi Muda yang Berwawasan Intelektual dan Berakhlaqul Karimah', Sabtu (23/03/2019).

Lomba Karapan Sapi ini diikuti oleh 48 peserta se-Madura, yaitu masing-masing dari Kabupaten, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, dengan 12 perwakilan dari masing-masing kabupaten.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Luki Hermawan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya ikut berpartisipasi dan mendukung budaya Karapan Sapi yang ada di Madura.

"Karapan Sapi ini sangat unik, dan ini pertama kali saya melihat secara langsung. Sebelumnya, saya hanya bisa melihat lewat Youtube," ujarnya.

Menurut Kapolda Luki, Karapan Sapi banyak diminati wisatawan. Terbukti, saat ini ada wisatawan dari Korea, Australia juga Jepang.

"Ini sangat luar biasa, untuk mengenalkan budaya Karapan Sapi ini ke mancanegara," imbuhnya.

Selain itu, acara Kapolda Cup Jatim 2019 dihadiri oleh seluruh Forkopimda se-Madura. Tentu saja, juga banyak pengunjung dari empat kabupaten yang tak ingin melewatkannya.

Setelah melalui kompetisi, para pemenang lomba Karapan Sapi tersebut diumumkan. Juara I diraih oleh Joker Bali dari Bangkalan, Juara II diraih oleh Lek-kolek Kumbang asal Sumenep, dan Juara III diraih oleh Setan Balap Junior asal Bangkalan.

Sementara pemenang di bagian kalah, Juara I diraih oleh Selor Ting-Ting asal Bangkalan, Juara II Upin-Ipin asal Sumenep, dan Juara III diraih oleh Syahrini asal Pamekasan. (Ir/Rif/Fiq)

TerPopuler