Disdik Sumenep Gelar OSN MIPA SD dan Sederajat Tahun 2019 -->


Disdik Sumenep Gelar OSN MIPA SD dan Sederajat Tahun 2019

Kamis, 14 Maret 2019, 7:20 PM
loading...
Suasana OSN MIPA SD dan Sederajat Tingkat Kabupaten Sumenep Tahun 2019
Suasana OSN MIPA SD dan Sederajat Tingkat Kabupaten Sumenep Tahun 2019. (Foto Ist/E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA) bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan sederajat, Kamis (14/03/2019).

Kegiatan OSN tingkat kabupaten tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, sejak hari ini tanggal 14 hingga 15 Maret 2019.

Tes tulis berupa soal multiple choice dan essay berlangsung hari ini, Kamis (14/03/2019). Sementara untuk tes eksperimen dan eksplorasi akan digelar besok, Jumat (15/03/2019).

“Kami mengacu pada agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang agendanya ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kecamatan hingga Nasional,” kata Plt Kepala Disdik Sumenep, Mohammad Saidi, melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Fajarisman, Kamis (14/03/2819).

OSN tersebut, lanjut Fajarisman, sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Berdasarkan ketentuan, seleksi tingkat kecamatan sudah dilakukan dan ditetapkan 3 siswa terbaik mata pelajaran Matematika dan IPA. Kemudian, mereka harus ikut seleksi ketat di tingkat kabupaten.

“Kami bersyukur semua perwakilan sekolah ada, baik daratan maupun kepulauan dengan total peserta yang ikut 75 Matematika dan 75 untuk IPA,” tuturnya.

Pada seleksi tingkat kabupaten, nantinya akan ditetapkan pemenang juara 1 hingga 3, dan 3 siswa masuk juara harapan sesuai mata pelajaran masing-masing.

“Sehingga, nantinya akan diambil 15 nominator terbaik untuk dilakukan pembinaan secara intensif menuju olimpiade di tingkat provinsi,” jelas Fajar.

Selanjutnya, total 30 nominator dari pelajaran Matematika dan IPA akan digodok untuk memilih siswa terbaik yang akan berkompetisi pada OSN di tingkat provinsi.

“Yang akan diutus 3 terbaik di masing masing mata pelajaran untuk berlaga di Provinsi Jawa Timur tanggal 28 Maret 2019 nanti,” imbuh Fajar.

Ia optimis, putra-putri terbaik utusan Sumenep akan kembali mempersembahkan piala. Sebab di tahun 2018 lalu, siswa utusan Sumenep mampu meraih medali perunggu, yang masuk dalam nominasi Nasional peringkat ke-3.

“Tahun lalu kita sudah berhasil meraih nominasi Nasional mendapatkan medali perunggu. Tahun ini target kita kembali masuk juara Nasional, ya paling tidak juara 2-lah, apalagi sampai juara 1. InsyaAllah bisa,” pungkasnya. (RK/Fiq)

TerPopuler