Peletakan Batu Pertama, Gubernur Sultra Apresiasi Desain Gedung Baru BI -->


Peletakan Batu Pertama, Gubernur Sultra Apresiasi Desain Gedung Baru BI

Senin, 04 Februari 2019, 8:57 PM
loading...
Acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sultra di Jalan Haluoleo, Kawasan Bumi Praja Anduonohu, Kompleks Kantor Gubernur Sultra. (Foto Ist/Zonasultra.com)

KENDARI, E-KABARI.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengapresiasi pembangunan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sultra di jalan Haluoleo, kawasan Bumi Praja Anduonohu, Kompleks Kantor Gubernur Sultra. Apresiasi itu disampaikan Ali Mazi saat peletakan batu pertama pembangunan KPw BI Sultra, Senin (4/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Ali Mazi juga memuji desain gedung kantor BI Sultra yang baru. Hal itu dikarenakan adanya nuansa tenun khas Tolaki yang nantinya akan disematkan di dinding-dinding bangunan.

“Mudah-mudahan gedung baru BI ini, bisa menjadi ikon Sultra. Ini sangat luar biasa konsep nuansa budaya, kearifan lokal yang ditonjolkan di bangunan gedung,” ujarnya.

Ali Mazi juga berharap dengan dibangunnya KPw BI Sultra dapat memberikan semangat baru dan penunjang kinerja bagi BI wilayah Sultra. Selain itu, Ali Mazi juga berharap pembangunan gedung KPw BI Sultra bermanfaat bagi kemajuan daerah dan berdampak pada perbaikan infrastruktur di Sultra.

“Kami sangat mendukung dan mengapreasiasi hadirnya gedung baru BI Sultra, terlebih lokasinya bertetangga dengan Kantor Gubernur Sultra. Sepertinya peletakan batu pertama gedung ini menunggu saya untuk melaksanakan,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengaku konsep gedung baru BI itu merepresentasikan citra BI sebagai Bank Sentral yang kokoh, formal, berwibawa, dan monumental.

Bangunan berbentuk geometris simpel dengan dasar gedung masif dan kokoh, mewadahi ruang operasional kas BI yang memiliki standar pengamanan tinggi.

“Pembinaan material granite pada fasad (muka bangunan) menguatkan karakter bangunan yang kokoh dan monumental. Gedung kantor BI Sultra ini juga menggunakan motif kain tenun Tolaki pada fasad bangunan sebagai cerminan kearifan lokal yang berfungsi sebagai secondary layer (lapisan sekunder),” jelasnya.


Sumber: Zonasultra.com

TerPopuler