Begini Perkembangan Pesat Janin Tiap Minggu Selama Trimester Tiga -->


Begini Perkembangan Pesat Janin Tiap Minggu Selama Trimester Tiga

Rabu, 23 Januari 2019, 8:03 PM
loading...
Perkembangan Pesat Janin Tiap Minggu Selama Trimester Tiga. (Foto Ist/iStock via Haibunda)

E-KABARI.COM - Menginjak usia trimester ketiga kehamilan, selain ukuran bayi bertambah besar, berkembang pula tubuh dan organnya menjadi sempurna. Dilansir What to Expect, trimester ketiga dimulai pada minggu ke-28 sampai melahirkan, sekitar minggu ke-40. Dengan kata lain, trimester ketiga berlangsung dari bulan 7 sampai bulan 9 kehamilan.

Nah, sebelum dilahirkan, tentu si kecil mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Mulai dari rambut yang tumbuh sempurna, pertambahan berat badan dan latihan bernapas. Hm, apa lagi ya, yang bakal dialami si calon bayi selama trimester ketiga? Berikut penjelasannya, dikutip dari Mayo Clinic.

28 minggu
Di minggu ke-28, kelopak mata bayi dapat sebagian terbuka dan bulu mata telah terbentuk. Sistem saraf pusat dapat mengarahkan gerakan pernapasan berirama dan mengontrol suhu tubuh. Saat ini, panjang bayi hampir 25 cm dari kepala hingga bokong dan beratnya hampir 1.000 gram.

29 minggu
Di minggu ke-29, bayi secara aktif menendang, meregangkan tubuh dan melakukan gerakan menggenggam.

30 minggu
Di usia ini, mata bayi bisa terbuka lebar. Rambut bayi tumbuh dengan baik pada minggu ini. Sel darah merah terbentuk di sumsum tulang bayi. Ukuran panjang bayi lebih dari 27 cm dari mahkota hingga bokong dan beratnya hampir 1,3 kg.

31 minggu
Di usia 31 minggu, bayi telah menyelesaikan sebagian besar perkembangannya. Jadi di masa ini, bayi bertambah berat badannya dengan cepat.

32 minggu
Kuku jari kaki bayi terlihat. Lapisan rambut lembut dan halus, yang menutupi kulit bayi selama beberapa bulan terakhir (lanugo), mulai rontok di minggu ini. Hal tersebut memudahkan si kecil latihan bernapas (belum menggunakan organ paru-paru). Pada masa ini, bayi memiliki panjang kurang lebih 28 cm dari kepala hingga bokong. Beratnya sekitar 1,7 kg.

33 minggu
Pupil bayi dapat berubah ukuran sebagai respons terhadap stimulus yang disebabkan oleh cahaya. Tulangnya mengeras. Namun, tengkorak tetap lunak dan fleksibel.

34 minggu
Kuku bayi telah tumbuh mencapai ujung jari-jarinya. Sekarang bayi memiliki panjang kurang lebuh 30 cm dan beratnya lebih dari 2,1 kg.

35 minggu
Memasuki usia kandungan 35 minggu, kulit bayi menjadi merah muda dan halus. Anggota tubuhnya memiliki penampilan yang gemuk.

36 minggu
Kondisi padat di dalam rahim mungkin membuat bayi lebih sulit bergerak. Namun, Bunda mungkin masih akan merasakan banyak regangan dan goyangan.

37 minggu
Bayi bisa menggerakkan kepalanya. Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala bayi mungkin mulai turun ke panggul. Jika bayi tidak tertunduk, tenang Bun, dokter atau bidan akan menjelaskan cara untuk mengatasi masalah ini.

38 minggu
Lingkar kepala dan perut bayi hampir sama. Kuku kaki bayi telah mencapai ujung jari kakinya. Bayi sebagian besar telah melepaskan semua lanugo-nya. Saat ini, berat bayi sekitar 2,9 kg.

39 minggu
Dada bayi menjadi lebih menonjol. Untuk anak laki-laki, testis terus turun ke skrotum. Terjadi pertambahan lemak di seluruh tubuh bayi untuk membuatnya hangat setelah lahir.

40 minggu
Bayi akan memiliki lingkar kepala 36 cm dan berat 3 - 3,4 kg. Penting untuk Bunda ingat, bahwa bayi sehat lahir dalam berbagai ukuran. Jadi, jangan terlalu mematok berat badan si kecil harus sekian ya, Bun.


Sumber: Haibunda

TerPopuler