KKN-PPM STIDAR Sumenep Gagas Taman Baca Masyarakat -->


KKN-PPM STIDAR Sumenep Gagas Taman Baca Masyarakat

Jumat, 28 Desember 2018, 9:13 PM
loading...

SUMENEP, E-KABARI.COM - Sejumlah mahasiswa KKN PPM STIDAR menggagas program Taman Baca Masyarakat di Desa Errabu, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Rencananya Taman Baca Masyarakat tersebut akan diresmikan pada Selasa, (1/01/2019).

Fadlul Warits, Ketua KKN PPM STIDAR di Desa Errabu menyebutkan salah satu penyebab ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain di dunia adalah minimnya minat baca.

"Mengingat bahwa membaca itu adalah jendela dunia. Maka kami peserta KKN PPM STIDAR bermaksud untuk membuka jendela tersebut dengan mendirikan Taman Baca Masyarakat," ucapnya, Jumat (28/12/2018).

Kecenderungan hilangnya minat baca, lanjut Warits, terjadi karena ketersediaan bahan bacaan yang tidak memadai dan selera baca masyarakat. Bahkan, perkembangan teknologi menjadikan masyarakat kurang mencintai buku.

"Kemajuan teknologi menjadikan masyarakat kurang tertarik untuk mengkoleksi dan membaca, maka kami berupaya untuk menumbuhkembangkan minat baca melalui wadah membaca," imbuhnya.

Melalui gerakan literasi, tentu menjadi motivasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Keterlibatan semua pihak diharapkan bisa mensukseskan program tersebut.

"Kami mengharapkan dukungan masyarakat untuk ikut serta mendukung dan berpartisipasi untuk mensukseskan program Tamam Baca Masyarakat di sini," ungkap Warits.

Saat ini peserta KKN-PPM STIDAR Sumenep masih mengumpulkan buku dari para donatur. Proses pengumpulan buku tersebut akan dilaksanakan hingga waktu peresmian. (Ras/Fiq)

TerPopuler