Herman Dali Kusuma Dilengserkan dari Kursi Ketua DPRD Sumenep -->

Herman Dali Kusuma Dilengserkan dari Kursi Ketua DPRD Sumenep

Selasa, 23 Oktober 2018, 3:23 AM
loading...
Ketua DPRD Sunenep, H Herman Dali Kusuma (Tidak berkopyah), dan Dulsiam (Bekopyah)

SUMENEP, E-KABARI.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Madura, Jawa Timur H. Herman Dali Kusuma mendadak diganti.

Ketua Dewan Pimpian Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sumenep KH Imam Hasyim, mengungkapkan ada beberapa kesalahan yang menjadi alasan H Herman Dali Kusuma diturunkan dari Kursi Pimpinan DPRD setempat.

Dalam wawancara via telepon genggamnya, Ketua DPC PKB Sumenep, KH Imam Hasyim mengutarakan, sedikitnya dua alasan digantinya Ketua DPRD.

Pertama, ada beberapa kebijakan H. Herman yang dinilai tidak tanggap terhadap permasalahan di tubuh DPRD Sumenep, semisal Surat Keputusan Badan Kehormatan (SK BK) DPRD, yang hingga saat ini belum turun dari pimpinan.

“SK BK DPRD sampai saat ini kan masih belum turun dari pimpinan, untuk BK itu, ini ada apa?, kan begini,” terangnya saat dihungi via telpon genggamnya, Senin (22/10/2018).

Mantan Ketua DPRD Sumenep menambahkan, alasan kedua terkait persoalan Komisi Informasi (KI) yang sampai saat ini belum tuntas.

Okeh karena itu, internal PKB berkesimpulan bahwa yang bersangkutan kurang mampu dalam menangani segala permasalahan yang ada di parlemen.

“Kami berfikir, beliau (H. Herman,red) kurang mampu dalam menangani masalah ini, bukan tidak mampu. Kurang respon, kurang respek pada permasalahan ini, kita adakan pergantian untuk penyegaran,” terang pengasuh PP At-Taufiqiyah Bluto Sumenep ini.

Disinggung mengenai isu yang santer mengemuka di lingkungan gedung parlemen, digantinya H. Herman Dali Kusuma karena adanya gejolak politik usai pergantian struktur di komisi III, Imam Hasyim beralasan hanya kebetulan.

“Tidak ada sangkut pautnya, cuma kebetulan saja, tidak ada,
masalah diganti dan tidaknya itu kan tergantung partai, kalau partai menghendaki hal yang begitu tidak ada persoalan, itu kewenangan partai,“ tegasnya.

SK DPP PKB sudah turun, sehingga dalam minggu ini, Imam memastikan sudah ada pergantian.

“SK pergantian sudah masuk ke DPRD Sumenep, karena itu hal biasa, penggantinya H. Dul Siyam, insya Allah minggu ini sudah ganti,” tukasnya.(*)

TerPopuler