Santri Annuqayah Sumenep Borong Juara di Ajang Sukarabic Fest 2018 -->

Santri Annuqayah Sumenep Borong Juara di Ajang Sukarabic Fest 2018

Jumat, 14 September 2018, 3:31 AM
loading...
Santriwati Annuqayah saat usai menerima hadiah Sukarabic Fest 2018

SUMENEP, E-KABARI.COM - Akhirnya terbayar sudah perjuangan selama enam bulan mempersiapkan Sukarabic fest 2018 ajang lomba Mahasiswa dan Santri Tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ajang kreasi yang bertema 'Bahasa Arab Sebagai Khazanah Keilmuan dan Kesusastraan', sukses memfirus daya tarik yang gemilang.

Pasalnya, Acara yang di Rencanakan untuk kalangan Mahasiswa Indonesia saja, hal ini mampu memberi daya tarik pada Mahasiswa  yang ada di asia tenggara, yaitu USIM Malaysia.

Hal ini menjadikan semangat yang membara bagi para panitia pelaksana sukarabic fest yang terselenggara sejak 09-12 September 2018 kemaren.

Moch Rofiuddin, selaku Ketua Penyelenggara Sukarabic fest, mengatakan bahwa ini adalah kali pertama UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan. Namun langkahnya menjadi daya tarik sendiri bagi kalangan santri dan mahasiswa yang gemar bahasa arab.

Terbukti, sabung Moch Rofiudin, acara yang terselenggara dari berbagai Lomba diikuti oleh Lima Puluh Instansi yang salah satunya dari USIM Malaysia.

Lagi, Pondok Pesantren Annuqayah menjadi hidangan hangat untuk di perbincangkan. Secara, dalam 3 cabang lomba sekaligus, Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa Putri berhasil meraih juara Pertama.

Annatul Jamil dalam cabang lomba Musabaqah Qira’atul Kutub, Siti Zakiyah Aji dalam cabang lomba Qira’atus Syi’ri dan Klub Eksibisi Alfiyah Lubangsa Putri.

Perolahan prestasi ini pula yang mengantarkan Lubangsa Putri meraih juara umum santri tingkat  Nasional-Asia Tenggara di UIN Sunan Kalijaga.

Bukan pertama, kemenangan Lubangsa Putri pada ajang ini adalah prestasi kesekian yang berhasil diraih dalam event lomba bertaraf nasioanal. Yang menjadikannya istimewa karena piala yang berhasil dibawa Lubri pada moment ini adalah piala pertama tingakat Nasional–Asia Tenggara yang diraih di periode 2018-2019.

Walaupun tidak keseluruhan lomba yang berhasil dimenangkan, Faizatin, ketua pengurus PP. Annuqayah Lubangsa Putri mengatakan, sangat puas akan perolehan juara yang berhasil diraih Lubri pada kesempatan ini.

Sebab menurutnya kemenangan yang diraih oleh salah satu peserta delegasi bukanlah kemenangan individual, melainkan kemanangan universal yang mesti dirayakan bersama.

Sementara itu, Moch Rofiudin berharap agar mahasiswa dan santri bisa mengembangkan potensi-potensi khususnya di bidang bahasa arab.

“Bahwa sanya bahasa arab itu bukan hanya sebatas pembelajaran-pembelajan di kelas akan tetapi bisa ekspresikan dengan kretatifitas yang di selenggarakan sukarabic fest ini," imbuhnya.

Moch. Rofiudin berharap semoga sukarabic fest tersebut bisa makin luas lagi tingkatannya, ketingkat Internasional. Dalih Otak ke satu dalam acara sukarabic fest ini.(Mam/Rif)

TerPopuler