Mengoleskan Bahan Ini ke Kulit Wajah Ternyata Bahaya, Nomor 2 Sering Dilakukan -->

Mengoleskan Bahan Ini ke Kulit Wajah Ternyata Bahaya, Nomor 2 Sering Dilakukan

Jumat, 28 September 2018, 9:38 AM
loading...
Ilustrasi

JAKARTA, E-KABARI.COM - Demi mendapatkan wajah yang segar dan cerah, tak jarang sebagian orang memakai beragam produk perawatan wajah untuk menjaga kebersihannya. Akan tetapi, banyak bahan-bahan yang ternyata tidak selalu bagus untuk kulit wajah Anda dan justru menyebabkan kerusakan.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, membersihkan wajah memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena kulit wajah merupakan jenis kulit yang tergolong paling sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya.

Dengan demikian, perawatan wajah harus dilakukan dengan hati-hati, termasuk dalam memilih produk pembersih wajah yang mengandung bahan yang berbahaya bagi wajah.

American Academy of Dermatologysebagai asosiasi dokter kulit di Amerika Serikat, merekomendasikan agar Anda menggunakan bahan pembersih yang lembut dan tidak mengandung alkohol. Lalu, bagaimana dengan pembersih yang mengandung butiran kasar?

Pembersih dengan butiran kasar tidak direkomendasikan untuk digunakan setiap hari. Sebab, butiran kasar dapat mengikis lapisan luar kulit serta mengiritasi kulit bila digunakan terlalu sering.

Dilansir Reader's Digest, selain bahan tersebut, berikut ini adalah beberapa bahan yang tidak boleh dioleskan ke wajah Anda, :

1. Asam glikolat

Bahan ini dapat menyebabkan kerusakan wajah secara permanen. Dhaval Bhanusali, MD, FAAD, dokter kulit dan juru bicara untuk American Academy of Dermatology, menjelaskan bahwa sekitar dua kali seminggu, orang akan datang menghampirinya dengan luka bakar gelap di kulit akibat bahan kimia asam glikolat.

Ia menyarankan agar Anda yang berkulit lebih gelap lebih baik mencoba masker dengan asam salisilat, yang jauh lebih lembut. Yang harus diingat, sebelum menggunakan asam glikolat di rumah, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit.

2. Sabun batang

Membersihkan wajah memang tak mudah, bahkan sangat rumit. Hal ini disampaikan oleh Omer Ibrahim, MD, FAAD, seorang dermatolog di Chicago Cosmetic Surgery and Dermatology.

Merawat kulit dari minyak yang berlebih memang diperlukan, tetapi Anda perlu mempertahankan minyak alami untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi.

Menurut dr. Omer, pengggunaan sabun batang dapat mengatasi kulit berminyak tapi sekaligus menyebabkan kulit kasar, gatal, dan bahkan menimbulkan peradangan atau eksim.

"Anda lebih baik menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung sabun, atau cairan pembersih yang dilengkapi dengan pelembap dan bahan untuk mengurangi peradangan," kata Dee Anna Glaser, MD, dokter kulit sekaligus juru bicara untuk American Academy of Dermatology.

3. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis mungkin baik untuk tuhuh Anda, tetapi tidak untuk wajah Anda. "Masalahnya adalah, jika Anda menaruh jeruk apa pun di wajah dan kemudian pergi ke luar, di kulit Anda bisa muncul peradangan seperti luka bakar. Dalam medis, kondisi ini disebut phytophotodermatitis," kata dr. Bhanusali.

Dokter terkadang juga menyebutnya ruam Hamptons karena mereka melihat kasus ini banyak terjadi pada musim panas.


Sumber: Klikdokter

TerPopuler