Ketua STIDAR Sumenep Hadiri RAPIM UIN Sunan Ampel Surabaya -->

Ketua STIDAR Sumenep Hadiri RAPIM UIN Sunan Ampel Surabaya

Senin, 09 Juli 2018, 11:49 AM
loading...
Serah terima kepemimpinan Rektor dan Pimpinan Kopertais Rayon IV. [Foto/Istimewa]

SUMENEP, E-KABARI.COM - Ketua STIDAR Sumenep Terpilih, K. Junaidi, hadiri RAPIM (Rapat Kerja Pimpinan) UIN Sunan Ampel Surabaya bersama Pimpinan PTKIS se-Kopertais IV Surabaya sejak tanggal 07 berakhir sampai tanggal 10 Juli ke depan.

Acara pembukaan berlangsung di Belagri Hotel and Convention, Sorong Papua Barat. Hadir juga mantan Rektor UINSA Surabaya Prof. Dr. KH. Abd. A'la, selaku juga Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya periode 2014-2018.

Menurut Prof. Dr. KH. Abd. A'la dalam sambutannya, acara Rapim seharusnya sebelum Ramadlan. Karena ada beberapa faktor yang tidak memungkinkan dilaksanakan pada waktu tersebut, maka dilaksanakan pada bulan Juli ini.

Termasuk faktor yang mendasar adalah belum jelasnya Koordinator Kopertais Wil. IV. Hal itu disebabkan regulasi pergantian Rektor UIN Sunan Ampel.

"Digelarnya Rapat Kerja di Sorong ini merupakan salah satu bentuk strategi untuk mengkomunikasikan Islam terhadap masyarakat luas dan berdasarkan berbagai pertimbangan, tanah Papua dianggap representatif untuk hal tersebut," ungkap Mantan Pimpinan PTKIS Kop. IV.

Selain itu, Prof. A'la juga menyampaikan bahwa Kopertais Wilayah IV saat ini menjadi rujukan bagi kopertais di wilayah lain karena prestasi para stakeholder yang di capaian selama ini.

"Capaian-capaian yang berhasil diraih seringkali merupakan inisiatif dari para pengelola PTKIS Kopertais IV sendiri dan bukan atas intruksi dari koordinator, hal ini membuktikan bahwa PTKIS-PTKIS di bawah naungan kopertais IV merupakan PTKIS yang mandiri dan dapat diandalkan," terangnya.

Sementara sambutan berikutnya disampaikan oleh Prof. Masdar Hilmy yang pada saat itu telah resmi menjadi Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Ia menyampaikan bahwa pencapaian luar biasa pada masa kepemimpinan Prof. A'la merupakan tantangan tersendiri baginya untuk mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang lebih progres.

Dalam sambutan beliau mengatakan, fokus kerja pada penguatan budaya akademik berdasarkan tri dharma perguruan tinggi adalah syarat mutlak dalam mewujudkan beberapa prinsip yang harus dipegang teguh bagi kopertais. Yaitu yang pertama prinsip penguatan kunci pelayanan, kedua prinsip kemitraan, ketiga prinsip penguatan dan pengembangan kualitas akademik yang sama antara perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta, dan yang terakhir adalah prinsip tata kelola yang baik.

"Dengan ketiga prinsip tersebut budaya akademik pada setiap perguruan tinggi dapat dikembangkan dan dikuatkan," ucapnya.

RaPim. UIN Sunan Ampel Surabaya bersama Pimpinan PTKIS Kopertais Wilayah IV Surabaya resmi digelar di Belagri Hotel and Convention, Sorong Papua Barat dengan rentetan acara serah terima kepemimpinan Rektor dan Pimpinan Kopertais Rayon IV diikuti hampir semua Pimpinan PTKIS di wilayah Kopertais IV yang meliputi wilayah Jawa Timur termasuk Madura, NTB dan Bali.

Hadir bersama mereka Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) Sumenep yang saat ini telah mempunyai 2 Program Studi, yaitu Prodi. PMI (Pengembangan Masyarakat Islam) dan BKI (Bimbingan Konseling Islam). [*]

TerPopuler