Jelang Mudik, Polda Jatim Gelar Rakernis Jajaran Ditlantas -->

Jelang Mudik, Polda Jatim Gelar Rakernis Jajaran Ditlantas

Jumat, 13 April 2018, 12:54 PM
loading...
Suasana Rakernis jajaran Ditlantas Polda Jatim

E-KABARI.COM, SURABAYA - Jelang arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018, Kepolisian Daerah (Polda) menggelar Rakernis jajaran Ditlantas Polda Jatim serta Rakornis lintas sektoral, Jumat (13/4/2018).

Acara tersebut langsung dipimpin Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Machfud Arifin serta sejumlah pejabat utama Ditlantas Polda Jawa Timur.

"Rapat ini dalam rangka menghadapi puasa dan hari raya idul fitri, nanti akan dilanjutkan Rapat Koordinasi antar Instansi. Ada Dishub (Dinas Perhubungan) untuk kesiapan lebih awal agar bagus," terang Kapolda dihadapan awak media.

Sejumlah hal dibahas dalam rapat tersebut meliputi upaya meminimalisir terjadinya laka lantas, kemudian bagaimana cara mengatasi kemacetan lalu lintas yang biasa terjadi saat arus mudik maupun balik selama Lebaran nanti.

"Mengawal masyarakat supaya nyaman saat mudik, memberi peringatan di jalan agar hati-hati, dimana perlu dibangun tempat istirahat atau rest area terutama di sepanjang jalur tol yang saat ini sering terjadi kecelakaan," lanjut Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda menyebut bahwa angka kecelakaan sepanjang tahun 2017 sangat tinggi. Sehingga pihaknya perlu mengambil langkah untuk menekan permasalahan itu.

"Bayangkan, angka laka lantas 2017 lima ribu lebih (jiwa meninggal dunia), tapi Alhamdulillah hingga bulan April ini sedikit turun bila dibandingkan bulan tahun lalu," tandasnya.

Ia memerintahkan Kasatlantas yang ada di Polres jajaran Polda Jatim agar terus melakukan sosialisasi sedini mungkin mulai dari pelajar sekolah hingga masyarakat umum.

"Jangan nanti seperti anak kecil di Madura sudah banyak yang pakai sepeda motor di jalanan, itu kan bahaya. Ada klakson sedikit, panik kan bahaya. Itu yang tidak kita inginkan," tutup Machfud.(MD/Rif)

TerPopuler